Vettel Semakin Tak Terkejar
Reporter: Tempo.co
Editor: Agus baharudin olahraga
Minggu, 8 September 2013 23:05 WIB
Usai menjadi yang tercepat di Grand Prix F1 Italia, pembalap F1 tim Red Bull Sebastian Vettel mengangkat pialanya di sirkuit Monza, Italia, (8/9). REUTERS/Max Rossi

TEMPO.CO, Monza - Menjuarai Grand Prix Italia di Sirkuit Monza, Ahad, 8 September 2013, Sebastian Vettel, pembalap tim Red Bull Racing-Renault asal Jerman, makin jauh meninggalkan  pesaing utamanya dari tim Ferrari, Fernando Alponso, dalam perolehan angka untuk merebut gelar juara dunia  balap mobil Formula 1 tahun 2013. Dengan tambahan 25 poin Vettel kini total mengumpulkan 222 poin, terpaut 53 angka dari Alonso yang mencapai garis finis pada urutan kedua pada balapan di sirkuit yang terletak di sebelah utara Milan itu.

Rekan setim Vettel asal Australia, Mark Webber, finis di urutan ketiga seri balap ke-12 musim ini. Webber  memperoleh tambahan 15 poin, sehingga total poinnya menjadi 130 dan  tetap di urutan kelima klasemen umum pembalap. Namun ia memperkecil selisih poin dengan pembalap tim Lottus Renault dari Finlandia, Kimi Raikkonen, menjadi empat  dari 19 poin sebelumnya. Raikkonen pada balap di Sirkuit Monza kali ini masuk finis di urutan kesebelas dan tak memperoleh satu poin pun.

Meskipun masih terdapat tujuh seri balap lagi, namun terlihat dominasi Vettel bakal terus berlanjut. Peluang Vettel kian terbuka untuk merebut gelar juara dunia balap Formula 1 untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Khusus pada musim  balap tahun 2013 ini Vettel telah enam kali naik podium di posisi teraras. Sebelum juara di Sirkuit Monza tersebut, pembalap berusia 26 tahun ini juga telah menjuarai Grand Prix Malaysia, Bahrain, Kanada, Jerman, dan Belgia.

Pada penampilannya kali ini Vettel mengemudikan mobilnya dengan sangat rapi sejak start di posisi terdepan. Ia melesat meninggalkan para pembalap di belakangnya dan terus memimpin dalam balapan menempuh jarak 306,720 kilometer dalam 53 putaran itu.

Grand Prix Italia ini diwarnai tabrakan yang melibatkan pembalap Inggris yang memperkuat tim  Force India – Mercedes, Paul di Resta, dan Raikkonen. Tabrakan ini memaksa Di Resta meninggalkan arena di putaran pertama itu, sementara Raikkonen masuk Pit Stop untuk memperbaiki kerusakan mobilnya sebelum melanjutkan balapan.

Pembalap Inggris lainnya yang memperkuat tim Mercedes, Lewis Hamilton, juga tak bernasib mujur.  Ia juga mengalami masalah dengan kendaraannya sehingga sempat tercecer di posisi 18. Namun dengan perjuangan luar biasa dan tak kenal menyerah, Hamilton dapat , mendahului satu demi satu pembalap di depannya dan finis di urutan kesembilan.

Hamilton kebagian dua poin tambahan sehingga tetap menempati posisi ketiga klasemen umum dengan poin 141. Ia harus berjuang ekstra keras untuk mengejar ketertinggalannya dari  Alonso dan Vettel.

BBC | AGUS BAHARUDIN

Hasil Grand Prix Italia

 1. Sebastian Vettel     Jerman    Red Bull-Renault    1 jam 18menit  33.352 detik

2. Fernando Alonso     Spanyol     Ferrari-Ferrari     +00m 05.4s

3. Mark Webber     Australia    Red Bull-Renault    +00m 06.3s

4. Felipe Massa     Brasil     Ferrari-Ferrari     +00m 09.3s

5. Nico Hulkenberg     Jerman    Sauber-Ferrari     +00m 10.3s   

6. Nico Rosberg     Jerman    Mercedes-Mercedes    +00m 10.9s

7. Daniel Ricciardo     Australia    Toro Rosso-Ferrari    +00m 32.3s

8. Romain Grosjean     Prancis     Lotus-Renault     +00m 33.1s

9. Lewis Hamilton     Inggris     Mercedes-Mercedes    +00m 33.5s

10. Jenson Button     Inggris McLaren-Mercedes    +00m 38.3s

.

Klasemen Umum Sementara

1.       Sebastian Vettel               Jerman                 Red Bull Racing-Renault                222

2.       Fernando Alonso             Spanyol                Ferrari   169

3.       Lewis Hamilton                 Inggris   Mercedes           141

4.       Kimi Räikkönen                 Finlandia              Lotus-Renault    134

5.       Mark Webber    Australia              Red Bull Racing-Renault                130

6.       Nico Rosberg     Jerman                 Mercedes           104

7.       Felipe Massa      Brasil     Ferrari   79

8.       Romain Grosjean Prancis Lotus-Renault                57

9.       Jenson Button   Inggris   McLaren-Mercedes        48

10.   Paul di Resta      Inggris   Force India-Mercedes   36

 

 

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi