Lorenzo Kembali Pecundangi Marquez di San Marino
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Minggu, 15 September 2013 21:09 WIB
Jorge Lorenzo menaiki podium lalu berteriak gembira usai memenangi laga Grand Prix Moto GP Italia di sirkuit Misano, (15/9). (AP Photo/Antonio Calanni)

TEMPO.CO, San Marino - Pembalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo, menjuarai balapan MotoGP seri San Marino, Ahad, 15 September 2013. Menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 1 jam 33 menit, Sang Juara Bertahan itu mengalahkan pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang start di posisi terdepan, sekaligus meraih kemenangan ketiga kalinya secara berturut-turut di sirkuit sama,.

Mumulai lomba dari posisi kedua, Lorenzo langsung melesat mendahului Marquez. Usai menyalip Marquez di putaran pertama, pembalap asal Spanyol itu terus memacu motornya hingga menghasilkan jarak yang lumayan jauh dari kompetitornya, sekitar 1,2 detik. Selisih waktu itu tak banyak berubah hingga balapan berakhir.

Sementara rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi, harus puas berada di posisi keempat, sekalipun ia sempat merebut tempat ketiga dengan mendahului Marquez. Posisi ketiga sendiri akhirnya ditempati Dani Pedrosa (Honda).

Dengan hasil ini, Lorenzo bergerak ke posisi kedua klasmen MotoGP dunia dengan perolehan 219 poin, menempel Marquez yang masih menjadi pemimpin klasmen dengan perolehan poin 253. Sedangkan Pedrosa berada di posisi ketiga dengan 219 poin, diikuti Valentino Rossi yang memperoleh 169 poin.

"Tempat kedua penting, khususnya karena di awal balapan saya mengalami banyak kesulitan," kata Marquez sebagaimana dikutip BBC. "Dengan tangki bahan bakar yang penuh."

Marquez memang telrihat agak kesulitan di awal lomba. Di tikungan Querica, pembalap Spanyol itu membuat tikungan yang terlalu melebar sehingga Valentino Rosi menyalipnya dan merebut posisi ketiga.

"Saya menikung terlalu melebar dua kali dan itu memberi banyak hukuman kepada saya di balapan, tapi kami berhasil melakukan balapan yang bagus untuk mendapatkan poin yang baik bagi kejuaraan ini. Itu yang penting,"  kata Marquez.

Marquez akhirnya berhasil kembali mendapatkan posisi ketiga saat ia berani mengambil sisi dalam Rossi di putaran ke-12. Motor Marquez dan Rossi berjarak sangat tipis saat Marquez melakukan manuver itu.

Marquez pun harus terlibat pertarungan sengit dengan rekan setimnya, Pedrosa, untuk bisa finis di posisi kedua. Pada putaran ke-15 Marquez berhasil menyalip Pedrosa dan mengambil tempat kedua.

Disalip, Pedrosa tak menyerah begitu saja. Dia menempel Marquez dengan ketat. Pedrosa bisa mendapatkan lagi posisi kedua di putaran ke-21. Namun, tak berlangsung lama, Marquez melakukan manuver berani dan memaksa Pedrosa kembali ke posisi ketiga. Pedrosa tak bisa lagi menyalip Marquez hingga balapan berakhir.

Duel seru juga terjadi di perebutan tempat kelima dan keenam. Stefan Bradl, dari tim LCR Honda, yang hampir sepanjang balapan membuntuti Cal Crutchlow, akhirnya bisa mengambil tempat Cructhlow di putaran terakhir. Bradl finis di posisi kelima dan Crutchlow di posisi keenam.

GADI MAKITAN

Berita Terpopuler: Gol Perdana Rooney Sempurnakan Debut FellainiMainkan Januaz, Moyes Banjir PujianAsisst Ozil Bawa Arsenal Sementara UnggulPenalti untuk United Menuai KecamanSempat Unggul, Timnas U-19 Kalah 1-2 dari Vietnam

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi