Massa: Alonso Lebih Sempurna daripada Schumacher
Reporter: Tempo.co
Editor: Joko Sedayu - TECO
Selasa, 17 September 2013 18:19 WIB
Rekan tim Ferrari Fernando Alonso (kiri) dan Felipe Massa saat latihan Grand Prix China di Shanghai, China, jumat, 13-04, 2012. (AP Photo/Mark Baker)

TEMPO.CO, Jakarta - Dua kali juara dunia Formula Satu Fernando Alonso memang tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Michael Schumacher yang menjadi juara duni tujuh kali. Namun di mata Felipe Massa, Alonso adalah pembalap yang lebih sempurna dibandingkan Schumacher.

"Schumacher adalah pembalap yang sangat, sangat hebat. Dia sangat menakjubkan dan pembalap yang lengkap. Tapi saya rasa mungkin Alonso lebih sempurna," kata Massa, yang akan meninggalkan Ferrari setelah musim ini berakhir.

Alonso datang ke Ferrari setelah tim kuda jingkrak itu kehilangan Kimi Raikkonen yang memutuskan pensiun setelah kompetisi 2009 usai. Selama empat tahun bersama Alonso, Massa menilai pembalap asal Spanyol itu sebagai rekan setim yang sulit disaingi.

"Yang pasti saya mengalami beberapa masa sulit karena selalu mendapat rekan setim yang kuat. Dan yang paling sulit adalah Alonso. Saya pikir mungkin ia adalah pembalap yang lebih lengkap," ucap pembalap berusia 32 tahun itu.

Massa sempat berada satu tim dengan Schumacher pada 2006, sebelum pembalap Jerman itu memutuskan pensiun untuk yang pertama kalinya. Dan pembalap Brasil itu berada satu tim dengan Alonso selama empat tahun, setelah tiga tahun membalap untuk Ferrari bersama Raikkonen.

Artinya, Massa pernah satu tim dengan tiga pembalap yang masing-masing pernah merasakan gelar juara dunia Formula Satu. Prestasi terbaik Massa bersama Ferrari adalah saat menjadi runner-up pada 2008. Massa kalah dari pembalap McLaren Lewis Hamilton yang menjadi juara dunia.

Saat ini Massa dikabarkan sedang menjalin hubungan dengan Lotus untuk kompetisi tahun depan. Lotus baru saja kehilangan Raikkonen yang memilih kembali ke Ferrari untuk musim depan. "Kami sedang bernegosiasi. Lotus punya mobil yang sangat kompetitif, dan itu adalah apa yang saya inginkan," ungkap Massa.

PLANET F1 | JOKO SEDAYU

Baca Juga:Raikkonen Senang Kembali ke FerrariVettel Berjaya, Button: Era Schumi Lebih BosanPirelli Pasok Ban F1 Sampai 2018Raikkonen Diisukan Kembali ke FerrariAlonso: Hanya Bencana yang Bisa Hentikan Vettel

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi