Tesla Patenkan Baterai Mobil untuk 640 Kilometer
Reporter: Tempo.co
Editor: Juli Hantoro
Senin, 23 September 2013 03:42 WIB
Tesla Logo (www.autoevolution.com)

TEMPO.CO , Jakarta:Produsen mobil hijau Tesla Motors, kembali mengembangkan inovasi buat mobil listrik. Pabrikan otomotif besutan Elon Musk itu mengajukan paten baterai mobil yang kuat buat jalan sepanjang 400 mil atau sekitar 640 km dalam sekali isi.

Menurut Global Equities Research, Tesla baru-baru ini mengajukan paten nomer 20130187591 dan 20130181511. Dua paten itu menggambarkan kombinasi baterai dari lithium-ion dan metal-air. Trip Chowdhry, Managing Director Global Equities Research menyatakan, paten ini diajukan Juli lalu.

Bahan metal-air akan menggunakan oksigen sebagai elektroda penghasil listrik. Sedangkan lithium-ion merupakan standar baterai yang banyak digunakan saat ini. "Dengan gabungan ini, Tesla mungkin akan menawarkan dua mode tenaga," ujar Chowdhry, Selasa pekan lalu.

Dua kombinasi itu bisa menghasilkan tenaga 40 persen lebih banyak dibanding dengan mobil ramah lingkungan bertenaga gas. Jika dipadukan dengan seng atau aluminium maka bisa mengurangi ongkos pembuatan batereai.

Selama ini, suplai listrik bagi mobil listrik masih menjadi momok bagi penggunanya. Pasalnya, jika kehabisan tenaga di tengah jalan, tak ada penjual listrik layaknya mobil bertenaga minyak. Dengan paten ini, diharapkan mobil listrik akan makin marak dan disambut pasar.

NUR ROCHMI |CLEANTECHNICA| BENZINGA Topik Terhangat:Penembakan Polisi| Tabrakan Anak Ahmad Dhani |Mobil Murah|Miss World Info HajiBerita Terpopuler:BBM Ada di Android, BlackBerry Optimistis Bertahan BBM Terbuka di Android, Penjualan BlackBerry? Ngaku di Singapura, Nikita Mirzani Cuit dari GrogolJumpa Boediono, Ahok Melunak Soal Mobil Murah Mobil Murah Cuma Trik Dagang

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi