Vettel Kembali Berjaya di Korea
Reporter: Tempo.co
Editor: Agus baharudin olahraga
Minggu, 6 Oktober 2013 17:53 WIB
Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel asal Jerman mengangkat medali yang diraihnya usai menjadi juara dalam laga F1 GP Korea di sirkuit Internasional Korea di Yeongam, (6/10). REUTERS/Lee Jae-Won

TEMPO.CO, Jakarta -

YEONGAM - Sebastian Vettel naik podium pertama balap mobil Formula 1 untuk keempat kalinya berturut-turut musim balap ini dengan memenangi Grand Prix Korea di Sirkuit Yeongam, Korea Selatan, Ahad siang. Kemenangan ini membuat peluangnya kian besar untuk merebut gelar juara dunia Formula 1 untuk keempat kalinya berturut-turut.

Kalau pembalap tim Red Bull itu kembali menjadi juara pada Grand Prix Jepang minggu depan dan pembalap saingan terdekatnya, Fernando Alonso dari tim Ferrari, finis di bawah urutan kedelapan, maka Vettel dipastikan merebut gelar juara dunia Formula 1 untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Masih tersisa lima balapan lagi, yakni di Jepang, India, Uni Emirat Arab, AS, dan Brasil. Namun, kemenangan agaknya hanya tinggal soal waktu bagi Vettel.

“Jujur saja saya tidak berpikir bagaimana memenangkan balapan untuk keempat kalinya berturut-tutur,” tutur Vettel. Ia mengaku hanya berfokus pada balapan saat itu dan mencoba tampil sebaik mungkin.

“Kami masih harus meraih poin sebanyak mungkin, meskipun kini sudah dekat (dengan gelar juara). Kami hanya menikmati fakta bahwa tim ini bekerja sangat baik,” kata Vettel lagi.

Vettel telah menjuarai balap Formula 1 pada 2010, 2011, dan 2012. Musim ini dia telah naik podium teratas delapan kali dalam 14 balapan yang telah berlangsung pada musim balap 2013 ini.

Pada balapan yang diwarnai dua kali insiden, Ahad, Vettel yang tergabung dalam tim Red Bull Renault ini,  mencapai garis finis dengan waktu 1 jam, 43 menit, 13,701 detik. Posisi kedua ditempati pembalap Lotus-Renault Kimi Raikkonen dengan selisih waktu 4,200 detik. Sedangkan urutan ketiga Romain Grosjean, juga dari Lotus Renault dengan selisih waktu 4,900 detik. Alonso finis di urutan keenam dengan waktu terpaut 26,1 detik dari Vettel.

Sejak Start Vettel memimpin di urutan terdepan dan tak dapat dikejar para pembalap di belakangnya sampai garis finis. Pada putaran ke-31 ban mobil Sergio Perez (McLaren-Mercedes) pecah dan terkelupas sehingga menghalangi laju kendaraan di belakangnya. Mobil pengaman balap masuk ke lintasan mengamankan lomba, sambil memberi kesempatan petugas lintasan membersihkan lintasan dari serpihan ban bobil Perez.

Lomba baru berlangsung normal kembali memasuki putaran ke-36 dari total 55 putaran.  Namun baru saja para pembalap kembali start, mendadak mobil Adrian Sutil (Tim     Force India-Mercedes) meluncur tak terkendali menghantam mobil pembalap tim Red Bull Renault,  MarkWebber.

Webber sempat meminggirkan mobilnya di sisi lintasan sebelum kemudian terbakar. Para petugas lintasan dengan sigap memadamkan api dan menyingkirkan mobil tersebut dari arena balap.

Webber kemudian dibonceng sepeda motor oleh petugas lintasan menuju pit stop. Webber dan segenap tim Red Bull tampak terpukul oleh kejadian tersebut. Mobil pengaman meninggalkan lintasan pada putaran ke-40 dan balapan dimulai lagi. Vettel melesat dan terus memimpin hingga garis finis.

BBC | F1 | ADITYA BUDIMAN

Hasil Grand Prix Korea1.    Sebastian Vettel     Red Bull 1 jam, 43,132.    Kimi Räikkönen     Lotus-Renault     +4.2 detik3.    Romain Grosjean     Lotus-Renault     +4.9 4.    Nico Hulkenberg     Sauber-Ferrari    +24.15.     Lewis Hamilton     Mercedes     +25.2Klasemen Sementara1.    Sebastian Vettel  Red Bull    272 poin2.    Fernando Alonso Ferrari     1953.    Kimi Räikkönen     Lotus-Renault     1674.    Lewis Hamilton     Mercedes     1615.    Mark Webber     Red Bull    130

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi