DUT12, Mobil Listrik Tercepat Buatan Mahasiswa  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 9 Oktober 2013 11:50 WIB
Stasiun pengecasan mobil listrik yang akan dibangun di Belanda. Skift.com

TEMPO.CO, Delft - Siapa bilang mobil listrik buatan mahasiswa cuma sebatas model dan tak bisa ngebut? Coba tengok ke Belanda, di mana mahasiswa Universitas Delft bisa membuat kendaraan listrik yang melesat layaknya mobil balap.

Situs Cleantechnica mengabarkan, mahasiswa Universitas Delft membuat mobil listrik bernama DUT12. Setelah diuji, mobil hasil rekayasa anak-anak kampus ini bisa melesat hingga 100 kilometer per jam hanya dalam 2,15 detik. Dengan demikian, DUT12 memecahkan rekor akselerasi yang bisa dicapai mobil listrik hingga saat ini.

Dengan pencapaian tersebut, DUT12 mampu tampil sebagai kendaraan tercepat dalam ajang Formula E, ajang balapan khusus mobil listrik. Bahkan akselerasi DUT12 bisa melampaui mobil listrik tercepat buatan pabrik, Ariel Atom. Ariel Atom yang mampu membesut tenaga 500 daya kuda butuh waktu 2,3 detik untuk melesat secepat 100 kilometer per jam.

DUT12 menggunakan empat motor yang mampu menyalurkan tenaga 33 daya kuda ke setiap roda. Distribusi tenaga ke setiap roda menjadi rahasia akselerasi cepat DUT12. Secara total, mobil satu penumpang ini memiliki bobot 144 kilogram. Dari seluruh bobot mobil, 30 persennya adalah beban baterai lithium-ion yang mampu menggerakkan motor listrik bertenaga 135 daya kuda.

NUR ROCHMI

TERPOPULERChevrolet Spin Bukukan Penjualan 1.400 Unit Honda Masih Jadi Raja Sepeda Motor September, Penjualan Sepeda Motor Naik 38,1 Persen

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi