Vettel Menang di Jepang, tapi Harus Bersabar
Reporter: Tempo.co
Editor: Agus baharudin olahraga
Minggu, 13 Oktober 2013 18:15 WIB
Pembalap mobil F1 Red Bull tim, Sebastian Vettel (tengah) melempar piala yang diraihnya usai menjadi juara di sirkuit Suzuka, Jepang, (13/10). Juara dua diraih oleh pembalap Mark Webber dari Red Bull (kiri) dan juara tiga oleh Romain Grosjean dari Lotus. REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Suzuka -  Pembalap tim Red Bull,  Sebastian Vettel, memenangi Grand Prix Jepang, di Sirkuit Suzuka, Minggu, 13 Oktober, namun masih harus bersabar untuk merebut gelar juara dunia balap mobil Formula 1 untuk keempat kalinya. Selisih poin yang telah dikumpulkan pembalap asal Jerman ini terpaut 90 dari saingan terdekatnya dari tim Ferrari, Fernando Alonso.

Dengan 100 poin yang diperebutkan pada empat balapan yang masih tersisa, hampir dapat dipastikan Vettel merebut gelar juara dunia pada balapan berikutnya di India, 27 Oktober. Tiga balapan berikutnya berlangsung di Sirkuit Yas Marina (Uni Emirat Arab), 3 November, Sirkuit Austin, AS, 17 November, dan Sirkuit Sao Paulo, Brasil, 24 November.

Alonso pada balapan di Suzuka tersebut finis di urutan keempat di belakang Mark Webber(Red Bull) dan Romain Grosjean (Lotus-Renault). Dengan finis di urutan keempat Alonson kini membukukan poin 207, sementara Vettel 297.

Pada balapan di Suzuka itu Vettel start di urutan kedua di belakang Webber. Begitu balapan dimulai Grosjean melesat cepat dari urutan keempat ke posisi terdepan. Ia menyusur sisi kanan trek melewati Vettel dan Webber, untuk kemudian melaju cepat di posisi terdepan.

“Start saya sangat jelek,” tutur Vettel. “Sayap depan mobil saya sedikit nyangkut (di mobil Hamilton),” tutur.

Sayap depan mobil Vettel sedikit nyangkut saat melesat menuju tikungan pertama selepas start. Hamilton sendiri kemudian terpaksa meninggalkan lintasan  setelah ban mobilnya pecah dan mesin mobilnya ngadat pada putaran keenam.

Grosjean  terus melaju meninggalkan para pembalap di belakangnya. Pembalap Prancis ini baru dapat dikejar oleh Vettel di putaran ke-41. Setelah itu Grosjean tertinggal jauh dari Vettel.

Malahan pada aputaran ke-51 berikutnya Grosjean disalip Webber, setelah keduanya terlibat persaingan sengit dalam empat putaran sebelumnya.

Begitu melintasi garis finis Vettel tak dapat menutupi rasa senangnya. Ia beberapa kali meninju udara merayakan kemenangannya pada sirkuit favoritnya itu. "Ichiban, ichiban," kata Vettel dalam bahasa Jepang yang berarti “nomor satu, nomor satu,” melalui radio tim Red Bull.

Diakui oleh Vettel bahwa ia start dengan sangat jelek. Ia juga mengaku kesulitan mengendalikan mobilnya karena sayap depannya sedikit nyangkut mobil Hamilton.

Vettel mengungkapkan baru dapat mengembahkan kecepatan mobilnya setelah ia masuk pit stop pada putaran ke-38 dan mengganti ban. Dengan ban barunya itulah ia dapat memacu mobilnya secara maksimal .

Kemenangan di Suzuka itu merupakan kemenangan kesembilan Vettel sepanjang tahun 2013 ini. Kemenangan itu juga merupakan yang kelima kalinya berturut-turut setelah Grand Prix di Belgia, Italia, Sungapura, dan Korea.

Vettel hanya perlu finis di posisi lima besar pada Grand Prix India mendatang untuk mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia Formula 1 2013. Namun dengan satu catatan poin tambahan Alonso maksimal tidak lebih dari sepuluh dari yang didapat Vettel di India nanti.

BBC | FORMULA 1  | AGUS BAHARUDIN

Hasil Grand Prix Jepang (307,471 km/53 putaran):1.    Sebastian Vettel (Red Bull) 1 jam, 26 menit, 49.30 detik2.    Mark Webber (Red Bull) +7.1 detik3.     Romain Grosjean (Lotus-Renault)  +9.9 4.    Fernando Alonso (Ferrari) +45.6 5.    Kimi Räikkönen     Lotus-Renault  +47.36.    Nico Hulkenberg     Sauber-Ferrari +51.67.     Esteban Gutierrez     (Sauber-Ferrari)    +71.68.    Nico Rosberg (Mercedes) +72.09.    Jenson Button (McLaren-Mercedes) +80.810.     Felipe Massa (Ferrari) +89.2

Klasemen Sementara Pembalap1.     Sebastian Vettel (Jerman) 2972 .    Fernando Alonso (Spanyol) 2073 .    Kimi Räikkönen     (Finlandia) 1774 .    Lewis Hamilton     (Inggris) 1615 .    Mark Webber (Australia) 1486 .    Nico Rosberg (Jerman) 1267 .    Felipe Massa (Brasil) 908 .    Romain Grosjean (Prancis) 879 .    Jenson Button (Inggris) 6010.     Nico Hulkenberg (Jerman) 39 

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi