Marquez Rebut Pole Position di Valencia
Reporter: Tempo.co
Editor: Zacharias wuragil brasta k
Sabtu, 9 November 2013 22:43 WIB
Pebalap Honda MotoGP Marc Marquez finis di posisi kedua dalam seri Grand Prix Jepang di Motegi, utara Tokyo, Minggu (27/10). REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Valencia - Marc Marquez sukses merebut posisi terdepan alias pole position untuk balapan seri terakhir MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Valencia, Spanyol, Ahad 10 November 2013. Pembalap Repsol Honda ini kembali mencatatkan waktu tercepat 1 menit 30,237 detik.

Rival terdekat Marquez, Jorge Lorenzo, harus puas di tempat kedua setelah mencatat waktu 1 menit 30,577 detik. Selama babak kualifikasi Lorenzo terlihat melakukan pergantian motor. Menurut situs MotoGP, motor pertama Lorenzo mengalami kerusakan pada bagian mesin.

Sementara itu, Dani Pedrosa, rekan satu tim Marquez, akan memulai balapan dari posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 30,663 detik. Bekas juara dunia sembilan kali Valentino Rossi (1 menit 30,920 detik) berada di tempat keempat.

Tak hanya merebut pole position, Marquez juga menjadi pembalap paling cepat karena berhasil mematahkan rekor milik Pedrosa yang dicetak pada sesi kualifikasi musim 2012. Catatan waktu Pedrosa saat itu adalah 1 menit 30,844 detik.

Seri balapan MotoGP di Sirkuit Valencia, Spanyol merupakan balapan terakhir dari total 18 seri pada musim 2013. Balapan yang berlangsung Ahad, 10 November bakal menjadi penentu juara dunia pembalap MotoGP 2013. Sejauh ini Marquez berpeluang besar untuk merebut gelar juara dunia pertama kalinya.

Pasalnya ia memimpin perolehan angka sebanyak 13 poin dari pesaing terdekatnya Lorenzo. Jika Marquez berhasil merebut gelar juara dunia maka ia akan menyamai karir pembalap Amerika Serikat, Kenny Robert pada 1978 selaku seorang pembalap yang menjadi juara di tahun pertamanya di MotoGP. Sedangkan bagi Lorenzo, jika mampu menjadi juara maka ini gelar yang ketiga dalam karirnya.

MOTOGP | ADITYA BUDIMAN

TerpopulerPengamat: Aburizal Takut Jokowi Nyapres Anas Bagi-bagi BlackBerry, Ruhut: Seperti Kentut  Gara-gara Salat, Karyawan DHL Dipecat  Trik-trik Akil Mochtar: Kalah-Menang Dibikin Duit

#MotoGP
#Valencia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi