Inggris Operasikan Angkutan tanpa Sopir 2015  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Kamis, 14 November 2013 11:59 WIB
Ilustrasi tidur di dalam mobil. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

TEMPO.CO, Buckingham - Mobil tanpa sopir tak hanya akan ditemui dalam moda transportasi pribadi. Inggris, dua tahun lagi, akan mengoperasikan Pod, mobil angkutan umum tanpa sopir. Menurut Mashable, Rabu, 13 November 2013 Pod akan dioperasikan di Milton Keynes, kota di Buckinghamshire, 72 kilometer arah barat laut dari London. Pada 2015, Milton Keynes akan mengoperasikan 20 Pod.

Menurut Menteri Usaha dan Inovasi Inggris, Vince Cable, Pod bisa mengangkut dua orang dengan kecepatan maksimal 19 kilometer per jam. Mobil ini bisa menjelajah berbagai medan jalan dan trotoar. Untuk menghindari tabrakan, digunakan sensor, kamera HD, dan GPS. Pod dilengkapi layar hiburan yang bisa digunakan untuk mengakses Internet, mendengarkan musik, dan lainnya.

Proyek senilai hampir Rp 3 miliar ini akan dikembangkan menjadi 100 Pod pada 2017. Pemerintah Inggris belum menampilkan spesifikasi detail mobil Pod. Namun pengguna dikabarkan bisa memesan pemakaian Pod melalui aplikasi smartphone. Rute pertama yang akan dijajal adalah dari stasiun kereta ke pusat perbelanjaan. Waktu yang biasa ditempuh dalam rute itu dengan jalan kaki adalah 20 menit. Untuk sekali jalan dengan Pod, pengguna akan ditarik ongkos 2 pound sterling atau sekitar Rp 35 ribu.

Ini bukan kendaraan tanpa sopir pertama di Inggris. Di Bandara Heathrow, London sudah ada taksi tanpa sopir dengan daya tampung 4 orang. Pabrik Nissan bahkan sudah merombak mobil listriknya, LEAF, menjadi tanpa sopir. Mobil ini sudah beroperasi di Oxford.

MASHABLE | THE VERGE | NUR ROCHMI

Baca juga:Setelah 23 Tahun, Honda Bangun Pabrik di JepangPenjualan Sepeda Motor Naik 5,4 PersenIni Beda Produksi Mobil Indonesia dan ThailandASEAN Bakal Jadi Pasar Otomotif Nomor Lima Dunia

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi