Tahun Baru, BMW-Toyota Rakit Mobil Sport  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 1 Januari 2014 11:51 WIB
BMW AG dan Toyota Motor Corp. toyota.fr

TEMPO.CO, Frankfurt - Tahun Kuda 2014 menjadi momentum baru bagi dua produsen mobil kelas kakap, BMW AG dan Toyota Motor Corp. Keduanya siap menjadi duet maut yang menciptakan mobil sport berteknologi tinggi.

Kabar yang dilansir Frankfurter Allgemeine Zeitung menyebutkan, BMW dan Toyota menyepakati kerja sama pembuatan platform mobil sport. Menurut kepala pengembangan produk BMW, Herbert Diess, dua pabrik ini bersepakat membangun basis arsitektur untuk mobil sport mutakhir. "Yang paling penting, nantinya ada dua mobil yang benar-benar baru dan otentik untuk kedua perusahaan," kata dia, Selasa, 30 Desember 2013, waktu setempat.

Jenis mobil yang akan dibangun BMW dan Toyota masih belum diketahui. Diess juga tidak mau menyebutkan platform produk yang akan dikerjakan dua perusahaan ini. Namun, manajemen Toyota sebelumnya mengatakan tengah mengkaji kemungkinan untuk membangun platform mobil sport mid-size. Studi kelayakan proyek ini dirampungkan pada akhir 2013.

Kini, beredar spekulasi yang menyebutkan Toyota akan maju dengan basis rancangan coupe Celica untuk proyek mobil sport ini. Sedangkan BMW punya unggulan yakni coupe Z4. Ada juga yang mengatakan BMW-Toyota membangun desain dengan basis sedan sport Toyota Supra, yang produksinya dihentikan pada 2002.

Bagi BMW dan Toyota, kerja sama ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, pada Juni 2012, BMW dan Toyota meneken kesepakatan rancang bangun produk bersama. Yang diumumkan ke publik, kerja sama ini meliputi pembuatan basis desain baterai lithium dan teknologi bodi mobil super ringan.

FERY FIRMANSYAH

Terpopuler

Kocak, Gaya Obrolan 'Gak Nyambung' SBY   Kebangetan, Pejabat Bisa Disogok Dolar Langka Jelang Tahun Baru, Atut Sulit Tidur di Penjara Diungkit soal Aburizal, Idrus Marham Pasang Badan Ahok Goyang Jakarta dengan Lagu Terajana Diperiksa KPK 10 Jam, Idrus Marham Curhat Malam Tahun Baru Tak Hujan, Pawang Sukses?

 

 

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi