Kota Ini Akan Mengharamkan Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: M. Nur Rochmi
Selasa, 21 Januari 2014 10:32 WIB
Sejumlah pasangan adu cepat menggendong istri saat lomba gendong istri di area Car Free Day, jalan Raya Darmo, Surabaya, Minggu (22/12). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Hamburg - Pemerintah Kota Hamburg, Jerman, akan melarang pemakaian mobil. Kota kedua terbesar di Jerman ini akan mengharamkan penggunaan mobil di pusat kota pada 2034 alias 20 tahun lagi. Pelarangan ini akan meliputi wilayah pusat kota seluas 17 ribu hektare atau sekitar 40 persen luas kota itu. Pengharaman mobil ini untuk mengurangi emisi rumah kaca. Ini bukan cuma sekedar car free day seperti di Indonesia yang berjalan beberapa jam atau sehari.

Dalam tahap awalnya, kebiijakan yang disebut Grune Netz alias Green Network ini akan menggantikan jalan-jalan utama menjadi ruang hijau yang bisa dijadikan ruang aktivitas warga, seperti hiking, piknik, atau bahkan berenang. Antar ruang hijau itu akan saling terhubung dari pusat kota hingga pinggiran kota.

Dengan makin susutnya jalan raya, maka warga diharapkan berpindah ke angkutan umum dan makin banyak bergerak dengan sepeda atau jalan kaki. Walaupun rencana ini dinilai kontroversial, mayoritas warga sepakat dan mendukung rencana ini. "Warga Hamburg sangat progresif, mereka mau menyerahkan mobil mereka. Ini sangat tak biasa," ujar Jens Kerstan, pemimpin Partai Hijau, Senin, 20 Januari 2013.

Pemerintah kota melibatkan 30 perencana tata kota guna merealisasikan Green Network. Pemerintah berharap Green Network bisa signifikan mengurangi dampak dari pemanasan global. Hamburg adalah kota yang terletak tepat di Laut Utara dan rentan dengan risiko banjir. Selama enam dasawarsa terakhir, air laut sudah naik sekitar 20 sentimeter.

Nur Rochmi | leftlanenews

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi