Lorenzo Optimistis Sambut MotoGP
Reporter: Tempo.co
Editor: Hari prasetyo
Jumat, 7 Maret 2014 06:14 WIB
Juara Dunia MotoGP tahun 2010 dan 2012, Jorge Lorenzo mengendarai motor Yamaha R6 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, (01/12). TEMPO/Seto Wardhana

TEMPO.CO , Melbourne: Jorge Lorenzo tersenyum puas usai menyelesaikan sesi terakhir latihan resmi Moto GP di sirkuit Phillip Island, Australia, Rabu, 5 Maret 2014. Adapun pertandingan sesunggunya akan berlangsung pertama kali di Grand Prix Qatar pada 23 Maret 2014.

Pembalap Spanyol itu baru saja menorehkan catatan waktu tercepat (fastest lap) 1 menit 29,068 detik, lebih cepat 0,30 detik dari Dani Pedrosa yang berada di posisi kedua dan lebih cepat 0,486 detik dari Valentino Rossi di posisi ketiga.

Bagi Lorenzo, catatan itu memperbaiki raihan waktu pada sehari sebelumnya, ketika ia lebih lambat 0,065 detik. Secara umum, catatan Lorenzo pada sesi terakhir itu pun menjadi catatan waktu tercepat sepanjang tiga hari latihan resmi di Phillip Island yang bertujuan untuk tes keamanan ban tersebut.

Tidak heran, Lorenzo sumringah. Terlebih, ia mampu mencatat waktu tercepat ketika menggunakan ban baru, yang selama ini dikeluhkan banyak pembalap. Alhasil, urutan kedua Moto GP 2013 itu pun percaya diri menyambut menyambut seri pertama Moto GP 2014 yang digelar di sirkuit Losail, Qatar. "Menurut saya, ban baru dan lama saja. Tidak banyak perbedaan," kata Lorenzo.

Cedera yang sempat mengganggu ketika tes persiapan di sirkuit Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu, ditambahkan Lorenzo, kini juga tidak lagi menganggu. "Saya merasa sudah dalam kondisi terbaik," ujarnya lagi.

Ketika menjalani tes di Sepang, seperti dilansir La Gazzetta dello Sport, Lorenzo memang sempat mengeluhkan kondisi fisiknya belum cukup prima akibat baru saja menjalani beberapa operasi penyembuhan cedera tulang selangka yang didapat saat kecelakaan di Assen dan Sachsentring musim lalu.

"Saya menjalani tiga operasi sebelumnya sehingga tidak punya banyak waktu untuk memulihkan diri. Jadi, saya jauh dari kondisi terbaik," ujar Lorenzo, ketika itu.

Tes keamanan ban di Phillip Island sendiri tidak diikuti semua pembalap. Selain Lorenzo, beberapa pembalap papan lain yang ambil bagian adalah Dani Pedrosa dari Repsol Honda, Valentino Rossi dari Yamaha Racing, dan duo Ducati Team, Cal Crutchlow serta Andrea Dovizioso.

Juara dunia musim lalu, Marc Marquez, urung ambil bagian dalam tes di Phillip Island karena masih berada dalam masa penyembuhan usai cedera patah tulang kering.

Adapun Dani Pedrosa, meski gagal menoreh catatan waktu tercepat di sesi latihan di Phillip Island kali ini, mengaku tidak terlalu kecewa. "Secara umum, apa yang saya catat dalam tiga hari ini sudah baik," kata Pedrosa.

Pasalnya, kata Pedrosa, dirinya masih diganggu cedera leher. Bahkan, dari semula 20 putaran yang akan dilahap, Pedrosa hanya mampu menyelesaikan 14 putaran. "Terlalu lama mengendari motor membuat saya merasakan kembali sakit di leher. Namun secara umum, tes ini telah berjalan lancar karena saya sudah mencoba ban baru," ujar Pedrosa.

MOTOGP | AUTOSPORT | ARIE FIRDAUS

Berita TerpopulerDiusir Mahasiswa Bandung, Prabowo Kecewa BeratPelawak Jojon Tutup UsiaPenembak Kucing Dipecat dari Tempatnya Bekerja

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi