Produk SUV Segera Kuasai Tanah Air  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Kamis, 22 Mei 2014 20:00 WIB
Produsen mobil Tata Motor meluncurkan mobil SUV terbarunya yaitu Tata Strome di Jakarta, (10/9). Mobil SUV ini dijual dengan harga Rp 279,9 juta. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat otomotif, Suhardi Sargo, memprediksi mobil kelas sport utility vehicle (SUV) bakal terus tumbuh dan merajai pangsa pasar mobil Tanah Air pada masa depan. "Teknologi yang ditawarkan mereka cocok dengan kondisi alam dan konsumen kita," ujarnya saat dihubungi, Kamis, 22 Mei 2012.

Menurut Suhardi, persaingan teknologi kelas SUV di antara produsen kendaraan roda empat cukup menguntungkan konsumen. Beragamnya fitur teknologi kelas tinggi yang diterapkan memberikan banyak kemudahan, sehingga peminatnya terus tumbuh. "Siapa yang paling bagus dan menarik, dia yang bakal bertahan," katanya.

Ia mencontohkan, daya tahan mesin SUV yang mampu melintasi berbagai medan berat di Indonesia menyebabkan banyak warga beralih ke kelas ini. "Sekarang yang menggunakan SUV bukan hanya warga kota. Di Papua sana pun yang medannya berat sudah banyak," katanya. (Baca:Lebaran Penjualan Mobil Diharapkan Naik)

Selain itu, harga yang ditawarkan dianggap cocok dengan saku konsumen masyarakat. Walhasil, tingkat penjualan mereka terus meningkat tiap tahun. "Perkembangannya bisa lima persen per tahun. Ini jelas menggembirakan mereka (produsen)," ujarnya. "Perkebunan, pertambangan, bahkan medan sulit pun mampu dilewatinya."

Dengan berbagai kelebihan teknologi yang diberikan, dia melanjutkan, pertumbuhan segmen kelas SUV di Indonesia tinggal menunggu waktu untuk menguasai pangsa pasar mobil nasional. "Peluang pasarnya sangat besar, sebab orang mulai pintar memilah teknologi yang mumpuni," ujarnya.

Hingga Februari lalu, penjualan mobil tercatat 111.306 unit. Pabrikan Toyota mencatat penjualan 40.961 unit, diikuti Daihatsu 19.164 unit, dan Mitsubishi 13.100 unit. Adapun Suzuki mencatat angka penjualan 13.000 unit.

JAYADI SUPRIADIN

Terpopuler

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi