Tampil Mewah, Mini Cooper di Indonesia Lebih Mahal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Efri NP Ritonga
Sabtu, 24 Mei 2014 06:49 WIB
Personil grup musik RAN Rayi saat turun dari mobil Mini Cooper dalam syuting video klip terbarunya di rofftop dealer mobil dikawasan Kebayoran Lama, Jakarta, (23/12). Pembuatan video klip single terbarunya "Begitu Saja" menggunakan puluhan mobil Mini Cooper. TEMPO/Nurdiansah

TEMPO.CO, Jakarta - Harga jual Mini Cooper di Indonesia ternyata lebih mahal 50 persen dibanding di luar negeri. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Contohnya, spesifikasi Mini Cooper yang dijual di dalam negeri ternyata jauh lebih berkelas dibanding di luar negeri.

"Target pasar Mini untuk di Indonesia adalah kelas atas. Makanya spesifikasi dan desainnya jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan yang di luar negeri," kata Jodie O'tania, Corporate Communication BMW Indonesia, saat ditemui di Jakarta dalam peluncuran All New Mini, Jumat, 23 Mei 2014.

Jodie juga menyebutkan produsen harus menyesuaikan material dan spesifikasi mengikuti kondisi geografis suatu negara. "Di Indonesia, bodi luarnya harus tahan panas dan hujan. Transmisinya juga otomatis, sedangkan di luar negeri manual," tuturnya.

Selain itu, kebijakan suatu negara adalah faktor lain yang menentukan harga. "Mini kan diimpor dari Inggris sebagai barang mewah, jadi pajak masuknya juga lumayan," katanya sambil tersenyum.

Di Indonesia, generasi awal Mini Cooper dijual dengan kisaran harga Rp 439 juta hingga Rp 1,09 miliar. Harga ini jauh lebih mahal sekitar 50 persen dibanding di negara asalnya, Inggris. Di Inggris dan seluruh Eropa, Mini Cooper dibanderol Rp 214-742 juta.

INDRI MAULIDAR

Berita otomotif lain:Thailand Darurat Militer, Suplai Ford TergangguFord Luncurkan The All New EcosportNew Outlander Hadirkan Banyak Fitur TambahanTerpopulerJadi Menteri Agama, Kekayaan Suryadharma MelonjakJessica Hamil, Melaney Ricardo Ucapkan SelamatSokong Kampanye Prabowo, Ini Kekayaan Hary Tanoe

 

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi