Pengapian Bermasalah, GM Tarik 3 Juta Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 17 Juni 2014 09:03 WIB
Mobil New Chevrolet Impala yang diresmikan di Auto Show Internasional New York, di New York Javits Center, Rabu, 4 April, 2012. (AP Photo/Richard Drew)

TEMPO.CO, Detroit - General Motors (GM) kembali menarik produk bermasalah (recall) secara besar-besaran. Kali ini produsen mobil terbesar di Amerika itu menarik tiga juta sedan Chevrolet, Cadillac, dan Buick karena masalah pada sistem pengapian.

Kendaraan yang terkena recall adalah Buick Lacrosse, Chevrolet Impala, Cadillac Deville, Cadillac DTS, Buick Lucerne, Buick Regal LS and GS, serta Chevrolet Monte Carlo. Mobil-mobil ini dibuat pada kurun waktu 2006-2014. (Baca juga: Baru Tiga Bulan, GM Recall 4,8 Juta Mobil)

Melalui keterangan tertulis, manajemen GM menyatakan sistem pengapian mobil-mobil tersebut rawan masalah. Mesin bisa tiba-tiba mati saat mobil membawa beban yang berat atau mengalami sentakan saat terjerumus lubang di jalan. Untuk masalah ini, GM akan mengganti kunci dan sistem pengapian mobil tersebut. Untuk perbaikan ini, konsumen tidak dikenai biaya. (Baca: GM Tarik 1,5 Juta Mobil)

Recall besar-besaran sebelumnya dilakukan GM pada Februari 2014. Saat itu GM menarik 2,6 juta varian Chevrolet Cobalt dan Saturn Ion lantaran masalah pada mesin. Mesin mobil tersebut bisa tiba-tiba mati atau kehilangan tenaga karena ada masalah pada beberapa komponen. (Baca: General Motors Tarik 1,5 Juta Mobil di Cina)

GM juga menemukan masalah pada power steering, rem, dan kantong udara penahan benturan (air bag) yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibat masalah ini, terjadi beberapa kasus kecelakaan yang menyebabkan enam orang terluka.

FERY FIRMANSYAH|

Berita TerpopulerPutra Prabowo Mengaku Tak Pernah Dikritik Ayahnya Sudi: Istana Tak Terlibat Penerbitan Obor Rakyat PRJ Monas, Ahok: Pedagang Berengsek Luar Biasa

 

#Produksi Mobil
#Chevrolet

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi