Unimog, Mobil Militer untuk Angkutan Logistik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Minggu, 24 Agustus 2014 11:20 WIB
Ribuan massa pendukung Prabowo-Hatta memakai mobil Unimog ketika berunjuk rasa di depan halaman MK, Jakarta, 18 Agustus 2014. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Ada pemandangan tak biasa saat massa pro-Prabowo berdemonstrasi di sekitar Mahkamah Konstitusi pada Kamis, 21 Agustus. Tiga mobil raksasa Mercedes-Benz Unimog menjadi tunggangan para pendukung Prabowo-Hatta yang berunjuk rasa di depan gedung MK. (Baca: Ricuh, Tujuh Orang Pendukung Prabowo Terluka)

Truk militer medium itu bahkan tertangkap kamera saat menggilas barikade kawat berduri yang disiapkan petugas keamanan demi melindungi kawasan ring I Mahkamah Konstitusi. Saat itu, di dalam gedung, hakim MK sedang menggelar sidang putusan sengketa pemilihan presiden 2014. (Baca: Massa Prabowo Menjebol Kawat Duri)

Pengamat otomotif, Dewa Yuniardi, mengatakan Unimog sejatinya adalah kendaraan yang biasa dipakai sebagai angkutan logistik militer. Bodi besar yang dilengkapi dengan roda mati atau tanpa angin memudahkan kendaraan dengan mesin 6.000 cc ini melintasi berbagai jenis medan.

Selain logistik, truk militer berukuran medium ini biasanya juga dimanfaatkan untuk mengangkut personel militer. “Ini memang mobil militer, tapi bukan di garis depan,” kata Dewa saat dihubungi pada Ahad, 24 Agustus 2014. Mobil jenis ini umumnya digunakan untuk operasi bencana. (Baca: Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Massa Prabowo)

Menurut Dewa, karena Unimog adalah mobil militer, tak sembarang orang bisa memilikinya. Selain itu, perizinan bagi pemilik pribadi juga tak mudah.

Mobil militer Unimog, kata Dewa, juga diproduksi oleh perusahaan khusus perlengkapan militer lokal, yaitu PT Pindad, dengan nama Komodo. Adapun militer Amerika juga memiliki jenis mobil serupa, yaitu Polaris. Bedanya, Polaris milik Amerika Serikat umumnya dilengkapi dengan senjata. (Baca: IPW Minta Polisi Lepas Pendukung Prabowo)

Setelah demonstrasi, tiga mobil berukuran besar jenis Unimog 1300 L milik pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sudah diangkut ke Polda Metro Jaya. Selidik punya selidik, ketiga truk tersebut ternyata masing-masing milik massa Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (FKPPI), Pemuda Panca Marga, dan Laskar Merah Putih. (Baca: Demonstran Pro-Prabowo Bikin DKI Rugi Rp 200 Juta)

FAIZ NASHRILLAH

Terpopuler:Begini Spesifikasi Calon Tunggangan Jokowi  Penjualan Mobil, Honda Juara KetigaAll New Mazda2 Siap DiluncurkanAvanza Luxury Tetap Incar Pasar Menengah-Bawah  Mobil-mobil Pesaing Fortuner 4x4 Diesel

#Sengketa Pemilu 2014
#MK
#Prabowo-Hatta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi