Lorenzo Ambil Keuntungan dari kesalahan Marquez  
Reporter: Tempo.co
Editor: A. Aditya Budiman
Senin, 29 September 2014 12:36 WIB
Reaksi pembalap dari tim Yamaha Jorge Lorenzo, setelah berhasil finish diurutan pertama sambil memegang pialanya di sirkuit Aragon, Alcaniz, 28 September 2014. JAIME REINA/AFP/Getty Images

TEMPO.COAragon - Balapan MotoGP seri Spanyol di Sirkuit Aragon pada Ahad kemarin menyajikan drama yang penuh dengan kejutan. Tak menentunya kondisi cuaca membuat para peserta lomba waswas. Kejutan pertama datang dari Valentino Rossi.  

Rossi yang hendak menyalip Pedrosa malah keluar lintasan dan terjatuh dari tunggangannya, Yamaha. Kabar terakhir, pembalap asal Italia ini sempat kehilangan kesadaran begitu terjatuh dari motornya. Dokter pun memintanya untuk menjalani perawatan di rumah sakit. "Kondisinya sekarang sudah berangsur membaik," kata Michele Zasa, seorang direktur medis lomba.     

Insiden terjatuhnya Rossi ternyata diikuti oleh dua pembalap teratas lainnya. Jelang akhir lomba, gerimis membasahi permukaan lintasan Sirkuit Aragon. Sejumlah pembalap langsung masuk pit untuk mengganti jenis ban kering menjadi basah. Namun, nahas bagi duo pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Kedua pembalap itu terjatuh, padahal lomba tinggal menyisakan tiga putaran lagi. Saat itu posisi mereka sedang memimpin perlombaan. Pedrosa-lah yang pertama kali terjatuh dan kemudian disusul oleh sang juara dunia 2013, Marquez.

Marquez mengatakan kalau insiden tersebut 100 persen kesalahan dirinya.  "Kami sudah berbicara strategi. Tapi keputusan kapan mengganti ban ada di tangan saya karena saya lebih tahu kondisi lintasan," ucapnya. Kendati gagal naik podium, Marquez tak menyesal. Ia masih memimpin klasemen pembalap dengan 292 poin.

Jorge Lorenzo yang merebut kemenangan pertamanya musim ini mengatakan terkadang lomba tidak berjalan dengan apa yang sudah direncanakan. "Semua kemungkinan bisa terjadi. Balapan kadang berlangsung dengan gila," katanya.  

Juara dunia dua kali ini mengakui jika ada faktor keberuntungan dalam lomba di Aragon. Namun, Lorenzo menyatakan kalau motornya tidak terlalu kalah dengan tim Repsol Honda. "Saya mengendarai motor dengan baik dan amat menikmati persaingan dengan Marquez," ucap Lorenzo yang perolehan poinnya menjadi 202 dan duduk di peringkat empat.

CRASH | ADITYA BUDIMAN

Berita lainnya Sesuai Target, Hendra/Ahsan Sabet Medali Emas Raih Medali Emas Kedua, Indonesia Naik Rangking 14 Tontowi/Liliyana Siap Hadapi Pemain Cina di Final

#MotoGP
#MotoGP
#Jorge Lorenzo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi