Konsumen Mobil Pemula di Indonesia Menurun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 3 Oktober 2014 03:38 WIB
Beberapa orang melihat mobil yang dipajang di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, Senin (6/8). ANTARA/Andika Wahyu

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga riset pemasaran J.D. Power merilis hasil penelitian mengenai industri otomotif di Indonesia untuk tahun 2014. Dalam keterangan tertulis yang dipublikasikan di situsnya, J.D. Power mengatakan proporsi pembeli kendaraan pertama (first car buyer) di Indonesia menurun dibandingkan tahun lalu. (Baca: 10 Mobil Paling Memuaskan Konsumen Indonesia)

Menurut Direktur J.D Power Asia Pacific Rajiv Nair, proporsi pembeli pemula tahun 2014 sebanyak 52 persen, turun dibandingkan dengan 2013 yang mencapai 66 persen. Rajiv mengatakan penurunan jumlah pembeli pemula terjadi pada semua segmen kendaraan.  "Penurunan jumlah pembeli pertama menyebabkan pertumbuhan penjualan kendaraan secara keseluruhan akan melambat," katanya.

Penurunan jumlah pembeli mobil, kata Rajiv, disebabkan beberapa hal. Alasan pertama adalah iklim ekonomi yang tidak menentu, diperburuk dengan tidak adanya kejelasan mengenai konsep mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Padahal, LCGC mendorong penjualan mobil, terutama untuk first car buyer. Faktor kedua adalah rencana kenaikan harga bahan bakar bersubsidi setelah pemilu. "Akhirnya, banyak pembeli potensial yang mengambil sikap menunggu," katanya. (Baca juga: Mobil Murah Daihatsu Paling Laku di IIMS 2014)

Dalam penelitian berjudul 2014 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI), J.D. Power melakukan survei terhadap 2.895 pemilik kendaraan yang melakukan pembelian pada Oktober 2013 hingga Juni 2014. Survei yang digarap pada April-Agustus 2014 ini mengukur kepuasan konsumen terhadap layanan penjualan dan distribusi barang oleh seluruh agen pemegang merek mobil di Indonesia. (Baca juga: Tiga Mobil yang Paling Dilirik di IIMS 2014)

Melambatnya penjualan mobil terlihat dalam data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo). Data Gaikindo menyebutkan, penjualan mobil pada Januari-Agustus 2014 mencapai 830.398 unit atau bertumbuh 4,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tren pertumbuhan ini menurun jika dibandingkan dengan periode Januari-Agustus 2012-2013, yang mencapai 10,9 persen.

FERY FIRMANSYAH

Berita TerpopulerFBR Geruduk DPRD Tolak Ahok Jadi Gubernur DKI Pimpinan DPR Dikuasai Pro-Prabowo, Puan: Zalim Setya Novanto Cs Jadi Pimpinan DPR, PDIP Kalah 2-0

#Penjualan Mobil
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi