Marc Marquez, Pembalap Muda Pelahap Rekor
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 13 Oktober 2014 03:56 WIB
Marc Marquez merayakan keberhasilannya mempertahankan gelar Juara Dunia MotoGP bersama anggota timnya di sirkuit Motegi, Jepang, 12 Oktober 2014. AP/Shizuo Kambayashi

TEMPO.CO , Motegi - Usia Marc Marquez baru 21 tahun, tapi rekor demi rekor terus dilahapnya. Saat memenangi MotoGP 2013 lalu, Marquez mencatat rekor sebagai pembalap termuda yang pernah menjadi juara dunia MotoGP.

Saat itu usianya baru 20 tahun 266 hari. Ia mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Freddie Spencer yang meraih gelar juara dunia 1983 di kelas 500 cc ketika berumur 21 tahun 258 hari.

Hari ini, Marc Marquez kembali mencatat rekor baru, yakni sebagai pembalap termuda yang menjadi juara dunia MotoGP dua kali berturut-turut. (Baca: Finish Kedua di Motegi, Marquez Kembali Jadi Juara Dunia)

Rekor ini ditorehkan Marquez setelah ia finish di urutan kedua di belakang Jorge Lorenzo dalam balapan seri ke-15 di Sirkuit Motegi, Jepang, Ahad siang.

Dengan hasil ini, Marquez berhak meraih 20 poin. Sehingga total keseluruhan poinnya sepanjang musim ini menjadi 312. Sementara Valentino Rossi yang berada di peringkat kedua baru mengoleksi 230 poin.

Dengan hanya tiga laga tersisa, mustahil Rossi bisa menyalip poin Marquez. Sebab ia telah tertinggal 82 poin sementara poin maksimal yang bisa diraihnya dalam tiga balapan tersisa hanya 75 poin.  

"Memenangi dua gelar juara dunia dalam waktu hanya dua tahun itu sungguh menakjubkan. Saya sungguh bahagia," kata Marquez seperti dikutip dari laman resmi MotoGp, Ahad, 12 Oktober 2014. (Baca: Mengurai Jurus Rahasia Marc Marquez)

Marquez juga berpeluang melampaui catatan poinnya musim lalu. Saat itu, Marquez menjadi juara dunia MotoGP setelah mengoleksi 334 poin.

Saat ini, koleksi poin Marquez berjumlah 312. Dengan tiga laga tersisa, Marquez bisa menambah 75 poin lagi jika memenangi ketiga seri tersebut. Jika itu terjadi, maka total poinnya akan menjadi 387 poin.

Jika ini terjadi, Marquez juga akan menggeser Jorge Lorenzo yang pernah meraup 383 poin saat menjuarai MotoGP 2010 --tertinggi sejak tahun 2000.

MOTOGP | DWI AGUSTIAR

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2016 Sabtu DinihariBelgia Gunduli Andorra 6-0  Ungguli Azerbaijan, Conte Soroti Kelemahan Italia  

 

#MotoGP
#Marc Marquez

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi