Mercedes F 015, Mobil Listrik Mewah dan Otonom  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 15 Januari 2015 16:25 WIB
Mercedes Benz F015. (mercedez-benz.com)

TEMPO.CO, Detroit - Mercedes memperkenalkan konsep mobil listik Mercedes F 015 dalam acara North American International Auto Show (NAIAS) 2015. Mobil listrik ini unik dan canggih karena mengadopsi sistem otonom alias bisa beroperasi tanpa pengemudi.

Menurut Direktur Daimler AG Dieter Zetsche, Mercedes F 015 tidak cuma menawarkan konsep transportasi yang bersih. Mobil buatan Jerman ini berupaya memperkenalkan ruang atau gerai berjalan untuk beragam keperluan. (Baca juga: Mobil Listrik Murah Chevrolet Bolt Meluncur)

"Jika hanya berfokus pada teknologi, kita tidak menyadari bahwa mobil tanpa awak bisa mengubah pola hidup pada masa mendatang," kata Zetsche melalui keterangan yang dikutip dari situs Mercedes.

Mercedes F 015 niatnya berwujud sedan. Namun bentuknya yang membulat tanpa sudut membuat mobil ini lebih mirip minibus. Interiornya lega dan dilengkapi empat kursi penumpang yang bisa disetel ke segala arah. Bahkan pengguna bisa membuat kursi-kursi itu saling berhadapan. Tak ada kenop pintu di mobil ini. Sebagai gantinya, Mercedes memasang panel layar sentuh. (Baca juga: Chevrolet Bolt, Apa Saja Fitur Canggihnya?)

Dinding yang juga berlapis panel layar sentuh bisa berfungsi sebagai monitor atau apa pun yang dikehendaki penggunanya. Secara umum, material mobil ini terbuat dari campuran serat karbon, aluminium, dan baja ringan. Namun di bagian dalam ada panel-panel berbahan kayu dan kulit jenis nappa. Grille depan Mercy F 015 dihiasi panel lampu LED, dengan logo bintang khas di tengahnya.

Saat hendak dibawa melaju, pengguna punya dua pilihan, yakni menjalankan sistem kemudi otomatis atau menyetir secara langsung. Jika tengah melaju dengan kendali otomatis, mobil ini akan memancarkan warna biru. Namun, saat disetir, warnanya berubah menjadi putih.

Sebagai sumber tenaga, Mercedes mengadopsi teknologi elektrik hibrida yang menggabungkan tenaga baterai dengan fuel cell. Sekali pengisian baterai, F 015 bisa diajak jalan sejauh 200 kilometer. Namun, jika memakai fuel cell, jarak tempuhnya bisa mencapai 900 kilometer.

FERY F.

Berita Terpopuler4 Risiko Budi Gunawan Jika Ngotot Jadi Kapolri  4 Aktor di Balik Blunder Pemilihan Budi GunawanSBY Copot Jabatan Tersangka, Kini Jokowi Malah...

 

#Mobil Mewah
#Mercedes Benz

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi