Lebih Luas, Gaikindo Pindahkan Pameran ke Serpong  
Reporter: Tempo.co
Editor: Khairul anam Teco
Selasa, 10 Februari 2015 17:25 WIB
Para pengunjung memadati sebuah stan Honda saat berlangsungnya pembukaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JiExpo, Jakarta, 18 September 2014. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.COJakarta - Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Johnny Darmawan mengungkap alasan Gaikindo, yang menggelar pameran dengan nama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), memindahkan lokasi acara. Johnny Darmawan mengatakan pihaknya memindahkan lokasi pemeran dari Jakarta International Expo, Kemayoran, untuk mendapatkan area pameran yang lebih luas. Menurut Johnny, area pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang sebelumnya digelar di JIExpo tak memadai.

"Sesuai dengan usulan Anda (media), kami cari lahan lebih besar lagi. Kemayoran itu 100 ribu meter persegi. Sekarang 220 ribu meter persegi," ujar Johnny saat konferensi pers di Jakarta, Selasa, 10 Februari 2015.

Sebelumnya, Ketua Umum Gaikindo Sudirman M. Rusdi menuturkan Gaikindo akan menggelar GIIAS pada 20-30 Agustus 2015 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten. Gaikindo menyatakan GIIAS merupakan pameran otomotif resmi dari Gaikindo. Pada tahun-tahun sebelumnya, Gaikindo menggelar pameran serupa dengan nama Indonesia International Motor Show (IIMS) yang didukung oleh Dyandra Promotion.

Menurut Johnny, pameran otomotif di Indonesia sudah diakui ASEAN sebagai pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara. Gaikindo ingin pameran otomotif selanjutnya harus memakai lahan yang lebih besar lagi.

"Bayangkan, dulu (di JIExpo), lorong sempit saja dijual. Sampai ujungnya jalan buntu juga dijual jadi stand pameran," kata Johnny.

Nantinya, klaim Johnny, saking luasnya area pameran di ICE BSD itu, kendaraan jenis truk pun akan dipamerkan di hall. Tak lagi di outdoor seperti penyelenggaraan IIMS sebelumnya di JIExpo.

Berdasarkan data Gaikindo, total luas area pameran di ICE BSD mencapai 220 ribu meter persegi. Area pameran mencapai 84.972 meter persegi, terdiri atas area pameran indoor seluas 60 ribu meter persegi dan area program pendukung (outdoor) 24.972 meter persegi. Luas area outdoor sendiri mencapai 160 ribu meter persegi. Adapun di JIExpo, total luas pameran hanya 100 ribu meter persegi dengan area indoor seluas 37.500 meter persegi.

KHAIRUL ANAM

#IIMS 2016 Update

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi