Tata AIRPod, Mobil Bertenaga Udara Rilis Tahun Ini
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 12 Februari 2015 22:03 WIB
TATA Airpod. (designboom.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah menjalankan riset dan pengembangan sejak 2012, Tata Motor Company siap meluncurkan mobil berbahan bakar udara, Tata AIRPod pada tahun ini. Kabar yang dilansir Business Standard menyebutkan, Tata AIRPod akan diperkenalkan di Amerika Serikat pada semester II 2015.

Tata AIRPod merupakan hasil kolaborasi Tata Motor dengan perusahaan asal Prancis,  MDI alias Motor Development International). Beberapa gambar yang beredar di media menunjukkan Tata AIRPod mampu memuat tiga orang dewasa dan satu bayi. Struktur bodi mobil beroda tiga ini membulat, sepintas mirip telur berjalan. Penumpang hanya bisa masuk dari bagian depan, melalui kaca yang dibuka.

Sebagai tenaga penggerak, Tata AIRPod memakai bahan bakar udara terkompresi (compressed air). Teknologi ini mirip dengan mesin uap karena mengandalkan udara yang dipanaskan, namun tidak menggunakan bejana air atau batubara. Dengan tangki terisi penuh, Tata AIRPod bisa melaju sejauh 200 kilometer dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Layaknya main video game, Tata AIRPod dikendalikan dengan joystick sebagai pengganti setir. Tata Motor juga melengkapi mobil ini dengan sistem telekomunikasi. Presiden Tata Motor, Tim Leverton, mengatakan Tata AIRPod adalah proyek jangka panjang dan yang rumit dan menantang. "Tapi masih perlu investasi untuk mengembangkan produk ini di masa mendatang," katanya.

FERY F

#Mobil Mewah
#Tata Motors

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi