Buru Penjahat, Polisi AS Pakai Mobil Keren Ini
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 19 Maret 2015 05:48 WIB
Negara adidaya Amerika Serikat tak mau kalah. Mereka juga membekali kepolisian mereka dengan mobil berkecepatan tinggi produksi General Motors, Cadillac CTS-V. Mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 262 km/jam. Bbc.co.uk

TEMPO.CO , Jakarta - Mengejar penjahat adalah tugas utama polisi di seluruh dunia. Untuk meringkus bandit kelas teri semacam jambret atau maling hingga kelas kakap seperti bandar narkoba dan teroris, polisi pun dibekali peralatan yang mumpuni.

Selain senjata yang ampuh, rata-rata lembaga kepolisian di dunia punya kendaraan canggih. Salah satu syarat yang melekat pada kendaraan polisi adalah ketangguhan dan kecepatan yang melebihi mobil biasa. Di Amerika, polisi dibekali mobil-mobil keren dari sedan hingga sport utility vehicle (SUV).

Harap maklum, selain menguber penjahat tangguh, departemen kepolisian negeri Abang Sam itu juga sering nampang di layar kaca. Wajar jika mereka diberi tunggangan yang apik dan kuat. Berikut ini mobil-mobil keren yang digunakan polisi Amerika Serikat.

1. Border Patrol Dune Buggy

Tidak semua kepolisian di dunia punya mobil jenis buggy alias kendaraan ringan yang bisa menempuh segala medan. Di Amerika, mobil dengan eksterior berupa rangkaian silinder baja (roll bar) ini digunakan oleh satuan Border Patrol alias penjaga perbatasan. Julukannya adalah Desert Patrol Vehicle (DPV) atau mobil patroli gurun karena sering beroperasi di perbatasan Meksiko yang dikelilingi padang pasir. Dengan mesin Volkswagen bertenaga 200 daya kuda, DPV bisa melaju hingga 80 mil per jam. Cocok untuk mengejar bandar narkoba, begal mobil, atau pelaku trafficking dan penyelundupan manusia yang sering beroperasi di padang gurun.

2. Dodge Durango SSV

Label SSV (Special Service Vehicle) menunjukkan mobil ini adalah Dodge Durango versi khusus. Chrysler merancang SUV ini untuk keperluan tempur polisi dan aparat penegak hukum lain mengingat banyak penjahat di Amerika yang punya kemampuan militer. Dodge Durango SSV punya tiga opsi mesin yakni versi 3,6 liter, Pentastar V-6 6,7 liter, dan HEMI V-8 yang bisa menderek beban seberat 7.400 pon. Selain mesin, fitur keselamatan, dan fitur pengendalian yang berkelas "heavy duty", Durango SSV dilengkapi kamera, kargo, dan lapisan baja pelindung.

3. Hummer H1

Hummer H1 adalah versi sipil untuk High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau Humvee. Karena sejatinya dibuat untuk tentara, Hummer punya performa tinggi dan daya tahan yang luar biasa di segala medan. Tapi khusus buat polisi, General Motors meracik Hummer H1 dengan mesin diesel 6.500 cc yang mampu dipacu hingga 100 mil per jam. Tampangnya jangan ditanya, mirip mobil mewah yang biasa dipakai pengacara atau pengusaha kelas kakap di Indonesia.

4. Chevrolet Camaro

Pada 1991-2002, General Motors memasok Chevrolet Camaro Z28 B4C untuk kepolisian federal maupun negara bagian di Amerika. Dengan paket khusus B4C Special Equipment Options, mobil coupe atau dua penumpang ini dibekali mesin V8 3.500 cc dengan kecepatan 145 mil per jam. Menyandang julukan mobil polisi paling ngebut  di Amerika, Camaro Z28 B4C biasa digunakan untuk mengejar penjahat di jalan tol.

5. Dodge Charger LX

Karena orang Amerika doyan mobil gede alias muscle car, polisi pun menyiapkan tunggangan khusus. Mobil itu adalah Dodge Charger LX dengan mesin Hemi V8 bertenaga 340 daya kuda! Dengan kecepatan rata-rata 146 mil per jam, polisi-polisi di Amerika tak bakal kalah set dengan begal mobil semacam Dominic Toretto (diperankan oleh Vin Diesel) dalam rangkaian film Fast and Furious. 

6. Cadillac CTS V   

Mobil buatan General Motors ini mampu melesat hingga 262 kilometer per jam. Dengan mesin V8 500 daya kuda, mobil ini dirancang untuk misi pengejaran. Selain performa yang tangguh, tampang Cadillac CTS V pun lumayan keren.

FERY F | CAROPHILE

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi