Pirelli Bakal Dibeli Perusahaan Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 24 Maret 2015 07:21 WIB
Pirelli. REUTERS/Scott Wensley

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen ban terbesar kelima di dunia, Pirelli, bakal diakuisis oleh China National Chemical Corp (ChemChina) dalam waktu dekat, Kabar yang dilansir The Guardian menyebutkan, Pirelli mendapatkan penawaran € 7,1 miliar (Rp 100,9 triliun).

Jika akuisisi ini jadi dilakukan, produsen ban asal Italia ini akan dikuasai oleh industri otomotif Cina. Bagi ChemChina, penguasaan Pirelli menandai kembali bermainnya perusahaan pelat merah asal Cina di pasar global. Sebelumnya, perusahaan negara di Cina mendapatkan kecaman akibat korupsi yang merajalela.

ChemChina dan industri otomotif negeri tirai bambu pun akan diuntungkan dengan transaksi ini. Sebabm mereka akan mendapatkan akses terhadap teknologi pembuatan ban premium, Perusahaan otomotif Cina pun akan diuntungkan karena akses terhadap komponen penting kendaraan jadi lebih mudah.

Selain Pirelli, sejumlah perusahaan Cina berhasil melakukan akuisisi di Italia. Beberapa perusahaan Italia yang kini dikuasai Cina adalah Terna dan Snam (perusahaan listrik), Ansaldo (produsen turbin) dan Ferretti (pabrikan kapal pesiar mewah). Italia adalah pasar akuisisi terbesar kedua bagi Cina di Eropa dan kelima terbesar di seluruh dunia.

YON DEMA

#Kendaraan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi