Alonso:Tabrakan Disebabkan Masalah Mekanis Kemudi
Reporter: Tempo.co
Editor: Agus baharudin olahraga
Jumat, 27 Maret 2015 09:24 WIB
Pembalap F1, Fernando Alonso mengalami kecelakaan dalam hari keempat uji coba di sirkuit Catalunya, Spanyol, 22 Februari 2015. Alonso sempat dilarikan ke rumah sakit dengan bantuan helikopter. Mark Thompson/Getty Images

TEMPO.CO, Sepang - Fernando Alonso membantah klaim tim balap McLaren bahwa tabrakan yang menimpanya pada tes prabalapan di Sirkuit Catalunya, 22 Februari lalu, bukan karena masalah mekanis mobilnya. Menurut juara dunia Formula 1 2005 dan 2006 asal Spanyol ini, kecelakaan itu disebabkan ada masalah pada mekanis kemudi mobilnya.

Mobil Alonso menabrak dinding pembatas trek balap dalam kecepatan tinggi sehingga ia mengalami gegar otak ringan. Ia dirawat tiga hari di rumah sakit Catalunya, Spanyol. Atas saran dokter, ia absen pada balapan seri pertama 2015 di Grand Prix Australia, 15 Maret lalu.

Menurut Alonso, kemudi mobilnya “terkunci ke kanan” di Tikungan Tiga Sirkuit Catalunya, Barcelona. “Mobil melaju ke tembok dan saya mengeremnya pada momen terakhir (sebelun menabrak). Setelah menabrak, saya mencium tembok itu sejenak. Kemudian saya matikan radio (untuk komunikasi pembalap dengan tim), kemudian master switch dan sistem hibridanya.”

Pernyertaan Alonso ini membuka kembali debat terbuka tentang penyebab kecelakaan tersebut. Tim McLaren yang memayungi Alonso dalam pernyataan sebelumnya menyebut tidak ada masalah mekanis pada mobil yang dikendarai Alonso.

Alonso menjalani tes kesehatan Kamis, 26 Maret 2015, dan dinyatakan bugar oleh dokter federasi otomotif internasional dan dokter Sirkuit Sepang. Pembalap berumur 33 tahun itu dizinkan membalap pada Grand Prix Malaysia, Minggu, 29 Maret 2015.

BBC | AGUS BAHARUDIN

#Balap Mobil
#Fernando Alonso

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi