Lagi-lagi Bermasalah, GM Tarik 522 Ribu Unit Mobil Chevrolet
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Rabu, 13 Mei 2015 09:32 WIB
Chevrolet Malibu 2013 (Dok. GM)

TEMPO.CO, Detroit- Ini untuk kesekian kalinya raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM) melakukan penarikan kembali untuk perbaikan (recall) mobilnya. Puluhan juta unit mobil yang ditarik dan ratusan juta dolar Amerika Serikat yang harus dikeluarkan pabrikan asal Detroit itu untuk memperbaiki mobil bermasalah.

Selasa 12 Mei waktu setempat, GM mengumumkan penarikan sekitar 522 ribu unit mobil yang terdiri dari sedan Chevrolet Malibus dan dua model truk bak terbuka (pick up). Masalahnya pun bervariasi.

GM mendapat laporan adanya insiden kecelakaan akibat mobil-mobil bermasalah. Namun insiden tersebut tidak sampai  menimbulkan korban jiwa.

Dari 522 unit mobil yang ditarik, sekitar 468.887 merupakan sedan Chevrolet Malibu besutan tahun 2011 dan 2012 yang beredar di jalan-jalan Amerika Serikat, Kanada, dan Utara. Penarikan Chev Malibu ini karena adanya kabel baja yang terhubung ke sabuk pengaman tidak berfungsi dengan baik.

GM juga menarik 52.930 unit Chevrolet Colorado dan GMC Canyon. Keduanya  merupakan truk bak terbuka ukuran sedan buatan tahun 2015. Truk-truk yang mengaspal di jalan-jalan Amerika Serikat dan Kanada ini mengalami masalah pada dudukan kursi.

GM menciptakan rekor untuk total mobil yang ditarik serta tuntutan hukum yang mencapai miliaran dolar AS. Kasus mobil bermasalah pada sistem pengapian yang  menyebabkan kantung udara tidak berfungsi saat terjadi kecelakaan menyebabkan 12 orang tewas.

REUTERS|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#General Motors

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi