Usia Tak Halangi Rossi Juara di GP Assen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Minggu, 28 Juni 2015 07:09 WIB
Valentino Rossi merayakan kemenangannya di Grand Prix TT Assen, Belanda, 27 Juni 2015. Rekan satu timnya, Jorge Lorenzo finis di posisi ke-3 dengan catatan waktu 41m 8.613 detik. REUTERS/Michael Kooren

TEMPO.CO, Assen - Duel antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di seri Grand Prix Assen, Belanda, tidak sekadar rivalitas antar-Yamaha dan Honda semata. Dari sisi usia, kedua pembalap mempunyai perbedaan yang jauh. Namun faktor usia tidak menjadi halangan bagi Rossi, yang mendapat julukan The Doctor.

Sejak sesi latihan Rossi yang tahun ini menginjak usia 36 tahun sudah menunjukkan dominasinya. Rossi tampil meyakinkan dengan menjadi yang tercepat di tiga sesi latihan. Tak heran jika pada kualifikasi Rossi memimpin dan akhirnya merebut pole position atau posisi pertama.

Sukses merebut pole position di Sirkuit Assen jadi catatan tersendiri bagi Rossi. Pembalap asal Italia itu menjadi pembalap tertua. Terakhir kali posisi itu dipegang oleh pembalap Jeremy McWilliams kala lomba di Phillip Island, Australia, pada 2002.

Namun usia hanya di atas kertas. Kala lomba dimulai Rossi tak gentar menghadapi teror yang dilancarkan oleh Marquez. Pembalap Repsol Honda berusia 22 tahun itu sepanjang lomba menguntit di belakang Rossi. Marquez sempat berada di depan Rossi tapi hanya berlangsung selama tiga putaran.

Puncaknya, kedua pembalap terlibat pertarungan sengit. Motor kedua pembalap sempat bersinggungan sebelum mencapai garis finis. Namun dengan tenang, Rossi bisa menghentikan intimidasi dari Marquez dan merebut podium pertama di GP Assen, Belanda.

Bagi juara dunia sembilan kali itu, kemenangan di GP Assen punya kesan tersendiri. Pasalnya, terakhir kali Rossi sukses merebut podium pertama dari pole position adalah ketika berlomba di San Marino enam tahun lalu.

"Kemenangan ini amat penting. Sepanjang latihan dan kualifikasi saya amat kompetitif dan kecepatan motor pun sangat bagus," ucap Rossi seusai balapan, Sabtu, 27 Juni 2015, seperti dilansir Crash.net.

Di klasemen pembalap, Rossi menempati peringkat pertama dengan 163 poin. Menyusul rekan satu timnya Jorge Lorenzo yang mengantongi 153 angka. Sedangkan tempat ketiga dipegang oleh Andrea Iannone dari Ducati yang meraih 107 poin.

MOTOGP | ADITYA BUDIMAN

#Balap Motor
#Yamaha Motor Indonesia
#Valentino Rossi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi