Hyundai Punya Crossover Mungil i10 X  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 27 Juli 2015 00:00 WIB
Meski berpenampilan SUV, i10 X tetap mengedepankan fungsinya sebagai mobil perkotaan yang lincah dan efisien.

INFO OTOMOTIF - City car dengan rasa Sport Utility Vehicle (SUV)? Kenapa tidak? Sosok itu ada pada Hyundai i10 X yang baru diluncurkan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) di Indonesia pada Rabu (10/6). Hyundai i10 X dibangun dari platform Hyundai i10 yang sejak tahun lalu telah mengisi pasar city car di Indonesia. Kehadiran compact crossover ini sekaligus melengkapi varian i10 yang sudah hadir, yakni GL manual dan GLS manual.

Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno menjelaskan, i10 X merupakan city car bergaya crossover yang desainnya disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia. Ground clearance yang tinggi juga menjadikan crossover mungil ini lebih leluasa digunakan untuk berkendara di jalanan bergelombang sekalipun. "Dengan kondisi jalan yang banyak tidak rata dan ada genangan air di saat musim hujan, Crossover i10X ini bisa diandalkan," kata Mukiat di kantornya di Kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (29/6).

Menurut Mukiat, i10 X dimasukkan ke kategori kendaraan crossover karena varian baru Hyundai Grand i10 ini menggabungkan dua karakter kendaraan, yaitu city car dengan desain SUV. Apalagi tren kendaraan jenis ini mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia. "Hyundai melihat peluang ini memiliki pasar yang potensial, khususnya di segmen city car, dengan meluncurkan Hyundai Grand i10 X yang tampil lebih SUV, namun tetap mengedepankan fungsinya sebagai mobil perkotaan yang lincah dan efisien," ujar Mukiat.

Sebagai mobil crossover, i10 X mengalami sejumlah sentuhan radikan baik di eksterior maupun interior. Di bagian eksterior terdapat penambahan Front Lower Protection Bumper with Skid  Plate dan Fog Lamp with DRL (fitur keselamatan pasif yang umumnya terdapat di mobil-mobil  premium ini berfungsi sebagai penanda bahwa kendaraan sedang bergerak). Kemudian, Side  Rocker Shield, Rear Lower Protector Bumper with Skid Plate, Rear Roof Spoiler with LED  HMSL (High Mount Stop  Lamp), Sporty Muffler Tip. Di bagian kaki-kaki disematkan Alloy Wheel 14 inci.

Di bagian interior, lingkar kemudi baru palang tiga tampil dengan balutan kulit. Kursi bagian depan menggunakan tipe high back. Sejumlah fitur terkini yang memberikan kenyamanan selama berkendara juga dibenamkan di i10 X seperti Ice Blue LED Cluster, Auto Lock, dan Tilt Steering. Seluruh penumpang juga dimanjakan dengan multimedia head unit 2-DIN, plus Radio, CD, MP3, dan USB dengan 4 speaker.

Di sisi keselamatan, i10 X dilengkapi Hyundai Reinforced Body Structure (HRBS) yang berfungsi layaknya "roll bar" untuk melindungi seluruh penumpang bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. i10 X Compact Crossover ini ditawarkan harga (on the road Jabodetabek) Rp 155,5 juta. "Kami menargetkan penjualan mobil i10 X Crossover sebanyak 600-700 unit per tahun," kata Mukiat.

Tim Info TEMPO


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi