Lorenzo Rebut Posisi Pertama Dari Tangan Rossi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Minggu, 16 Agustus 2015 21:00 WIB
Pembalap MotoGP Yamaha Jorge Lorenzo (tengah) merayakan kemenangannya di ajang MotoGP Ceko di atas podium bersama pembalap Honda Marc Marquez (kiri) yang berhasil juara kedua dan pembalap Yamaha Valentino Rossi (kanan) yang juara ketiga di Brno, Ceko, 16 Agustus 2015. REUTERS

TEMPO.COBrno - Kemenangan Jorge Lorenzo di seri Moto GP Brno, Republik Ceko, Ahad 16 Agustus 2015 teramat spesial. Bukan hanya karena dirinya mematahkan dominasi pembalap Honda di sirkuit ini, kemenangan itu juga membuatnya menggeser Valentino Rossi dari posisi pertama  klasemen pembalap Moto GP.

Kedua pembalap tim Yamaha Movistar itu sebenarnya sama-sama memiliki poin 211. Namun, Lorenzo lebih unggul karena sudah memenangi lima balapan di musim ini. Sementara Rossi baru mengantongi tiga kemenangan dari 11 seri. Tiga seri lainnya dimenangi oleh pembalap tim Repsol Honda, Marc MArquez, yang bertengger di posisi ketiga klasemen dengan poin 159.

Perjalanan Lorenzo tahun ini terbilang cukup berat. Di awal musim, juara dunia dua kali ini sempat dirundung banyak masalah teknis dan non teknis. Mulai dari masalah setting motor yang tak cocok hingga masalah kesalahan dalam pemilihan ban dan tak nyamannya helm membuat posisi Lorenzo terlempar dari tiga besar.

Di tiga seri awal musim ini, praktis Lorenzo tak pernah naik podium. Di seri keempat Moto GP Spanyol di sirkuit Jerez, Lorenzo mulai bangkit. Dia mencatatkan kemenangan perdananya dan mengungguli dua pesaing terberatnya, Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Kebagkitan pembalap 28 tahun itu berlanjut hingga dia mampu menjuarai empat seri secara beruntun. Setelah Jerez, Lorenzo menjadi raja di Moto GP Perancis di sirkuit Le Mans, Moto GP Italia di sirkuit Mugello, dan Moto GP seri Catalunya di sirkuit Barcelona.

Di tiga seri berikutnya, Lorenzo selalu membayangi Valentino Rossi dan Marquez di podium. Dia hanya kehilangan podium pada seri Moto GP Jerman di sirkuit Sachsenring. Pria asal Mallorca, Spanyol itu hanya finish di posisi keempat disana.

Kemenangan Lorenzo di Brno ini juga seakan membalas kekalahannya dari Marquez di seri Moto GP Indianapolis di sirkuti Indianapolis Motor Speed pekan lalu. Memimpin dari awal lomba, Lorenzo harus merelakan podium teratas untuk Marquez setelah dilibas empat lap jelang finish.

MOTOGP|FEBRIYAN

#MotoGP
#Jorge Lorenzo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi