MotoGP Silverstone: Lorenzo, Marquez, atau Bukan Keduanya
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Jumat, 28 Agustus 2015 21:17 WIB
Pembalap Honda, Marc Marquez berada di posisi kedua mengejar pembalap Yamaha Jorge Lorenzo dalam Gran Prix MotoGP Italia di sirkuit Mugello, Italia, (1/6). REUTERS/Max Rossi

TEMPO.CO, Jakarta -Raja sirkuit Silverstone Britania Inggris saat ini mungkin Jorge Lorenzo.  Dia merupakan penyandang gelar kampiun 2010, 2012, dan 2013 dalam lima musim terakhir. Kampiun Silverstone 2011 adalah pembalap Ducati Casey Stoner asal Australia yang kemudian juara dunia di akhir musim.  Lorenzo gagal mencapai garis finish karena jatuh di putaran ketiga. Tahun lalu kampiun direbut Marc Marquez, pebalap Repsol Honda melalui pertarungan yang sengit.

Ahad, 30 Agustus 2015 ini, adu cepat motor kembali berlangsung di Silverstone. Lorenzo masih memimpin klasemen balap. Poin yang diperolehnya tak berjarak dari raihan rekannya di tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Keduanya mengantongi 211 poin dari sepuluh laga yang sudah berlangsung. Posisi Lorenzo lebih baik karena lebih sering merebut podium pertama yakni empat kali.

Silverstone menjadi kesempatan Lorenzo memperlebar jarak poinnya dengan Rossi. Lorenzo begitu optimistis menatap balap pekan ini. Dia merujuk tiga kemenangannya dalam lima tahun terakhir. "Saya menang beberapa kali di Silverstone dan saya merasa tampil dengan baik di sana. Karena itu, saya berharap musim ini kami dapat mencapai hasil yang baik di  Inggris," ujarnya seperti dilansir Motogp.com.

Di Silverstone, dominasi duo Yamaha tahun ini masih akan terusik oleh ketangguhan Marquez. Lorenzo, Rossi, dan Marquez merupakan kandidat kuat dalam perburuan juara dunia balap motor yang masih menyisakan tujuh laga. Kandidat lainnya adalah pendatang baru dari Ducati Andrea Iannone yang jarak poinnya cukup jauh dengan total raihan 142 poin. Sementara Dani Pedrosa belum ke performa terbaik.

Marquez merendah ihwal balap Silverstone. "Silverstone bukanlah sirkuit favorit saya, tapi saya senang membalap di sana karena kamu bisa merasakan kegembiraan dan sejarah yang dimiliki sirkuit itu," kata dia seperti dilansir laman Motogp.com.

Di sirkuit ini, statistik memperlihatkan catatan fantastis Marquez. Dia merupakan juara tahun lalu. Dia memegang rekor lap tercepat sirkuit yang tercatat pada 2013. Dia melalap 5,9 kilometer lintasan berkelok itu hanya dalam dua menit 0,691 detik. Rata-rata dia memacu motornya 175,9 km/jam. Setahun kemudian, Marquez kembali yang tercepat dengan laju rata-rata 175,7 km/jam.

Pada sesi latihan bebas atau free practice Jumat ini, Marquez memperlihatkan ketangguhannya melaju di jalanan Octo British Grand Prix. Dia menorehkan catatan terbaik 2 menit 03,111 detik. Duo Yamaha Lorenzo  tertinggal 0.388 detik dan Rossi 0.856 detik. Sedangkan Ianonne dan Devisioso berada di belakang mereka.

PURWANTO 

#MotoGP
#Marc Marquez

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi