Marquez, Lorenzo, Pedrosa Lampaui Rekor Silverstone
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Minggu, 30 Agustus 2015 16:49 WIB
Pembalap MotoGP Yamaha Jorge Lorenzo melewati garis finish usai beradu cepat dengan pembalap Honda Marc Marquez saat berlaga di sirkuit Silverstone, Inggris, (1/9). Lorenzo menang tipis 0,081 detik dari Marquez di posisi ke-2. REUTERS/Darren Staples

TEMPO.CO, Jakarta -Sejarah Silverstone bertambah. Waktu tempuh sirkuit sepajang 5,9 kilometer itu kian pendek sekarang. Dua juara dunia dalam dua tahun terakhir, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, serta Dani Pedrosa memangkas waktu tempuh rekor 2 menit 0,829 detik yang tercatat pada kualifikasi tahun lalu.

Pedrosa memangkas waktu tempuh 0,113 detik di lintasan basah sirkuit. Lorenzo tak kalah cepat. Ia memacu motor Yamaha 0,307 detik lebih cepat dari rekor tahun lalu. Catatan keduanya ditorehkan dalam kualifikasi kedua OCTO Britania MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris. Meski melampaui rekor tahun lalu, Lorenzo dan Pedrosa harus puas start dari posisi kedua dan ketiga.

Pole position tahun ini kembali dipegang Marquez. Rekan Pedrosa di Tim Repsol Honda ini merupakan pemegang rekor tercepat tahun lalu. Marquez kali ini memangkas waktu tempuh 0,595 detik. Sepanjang lintasan rata-rata pembalap Spanyol ini menarik gas motor pabrikan Jepang itu dengan laju rata-rata 175,9 atau lebih baik dari 175,7 kilometer per jam yang dia buat pada tahun lalu.

Marquez bahkan yakin bisa lebih cepat dari catatan waktu itu. Menurut dia, kondisi lintasan pada kualifikasi kemarin sempurna. Dia mengaku beberapa kali bisa memacu motornya hingga batas kecepatan maksimal. Namun di sektor terakhir, dia sedikit terlembat mengerem. “Mungkin aku bisa memacu kendaraan dalam 1 menit 59 detik,” kata dia seperti dikutip dari situs MotoGP.com.

Sementara baris kedua start balapan akan diisi masing-masing rekan Lorenzo di Movistar Yamaha Valentino Rossi, Espagaro dari Movistar Yamaha Tech 3 dan rekannya Bradley Smith. 

Sirkuit Silverstone dibangun sejak 1948 dan sempat beberapa kali direnovasi. Terakhir sirkuit dengan 18 tikungan ini diperbaiki pada 2011.  

PURWANTO

#MotoGP
#Marc Marquez

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi