GIIAS 2015, Hino Siapkan Tiga Produk Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 10 September 2015 15:00 WIB
GIIAS 2015, Hino Siapkan Tiga Produk Baru

INFO OTOMOTIF - New Generation Ranger GY 350 PU merupakan medium duty truck yang diperuntukkan sebagai truk mixer 8x4 dengan kapasitas kubikasi lebih besar.

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 20-30 Agustus 2015 akan menjadi arena peluncuran tiga produk baru Hino. Ketiga produk baru tersebut adalah Hino New Generation Ranger GY 350 PU, Hino Bus FC 190, dan Hino Dutro 130HD 4x4.

New Generation Ranger GY 350 PU merupakan medium duty truck yang diperuntukkan sebagai truk mixer 8x4 dengan kapasitas kubikasi lebih besar daripada tipe yang sudah ada. Hino Bus FC 190 merupakan bus dengan suspensi yang lebih lembut dan memiliki kapasitas 40 tempat duduk. Sedangkan Hino Dutro 130HD 4x4 merupakan truk 6 roda dengan tenaga 130 Ps yang sangat sesuai di medan berat untuk bisnis perkebunan ataupun pertambangan. Hino Dutro 130HD 4x4 akan mengisi segmen light duty truck.

Sales & Promotion Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo, mengatakan ketiga produk terbaru ini akan menghiasi booth Hino di Hall 3A International Convention Exhibition (ICE) BSD bersama empat model Hino lainnya. Komitmen kami adalah menghadirkan kendaraan komersial yang dibutuhkan para pengusaha untuk dapat memudahkan bisnis mereka dalam meraih keuntungan dengan maksimal,” kata Santiko di Jakarta, Kamis (6/8).

Menurut Santiko, konsep pengembangan New Generation Ranger merupakan truk dengan kualitas Jepang yang dirancang khusus untuk Indonesia. New Generation Ranger memiliki perubahan yang positif dan signifikan, baik pada desain maupun teknologi yang digunakan. Khusus untuk model Mixer yang akan diluncurkan ini, terdapat Flywheel PTO yang berfungsi meneruskan tenaga mesin untuk memutar mixer (drum) sesuai dengan konstruksi jalan dan gedung yang bisa digunakan pada kondisi on-road dan sedikit off-road di sekitar area konstruksi.

Ranger Generasi Baru hadir dengan desain baru, yang memberi tampilan tangguh dan khas dengan fitur aerodinamis melalui bumper besar, yang dikombinasikan dengan lampu depan yang “tajam“ serta lampu sein segitiga. Sementara itu, grille depan berbentuk huruf V”. Konsep desain ini bertujuan mewujudkan kesan kuat dan dinamis.

Truk ini menggunakan struktur rangka high-tensile steel yang telah diperbarui sehingga lebih kuat. Selain itu, tidak terdapat lekukan serta permukaan pada bawah dan atas lebih rendah pada rangka. Di sisi samping rangka, terdapat lubang dengan jarak merata sepanjang rail, yang memudahkan pemasangan bracket dan mudah disesuaikan dengan semua struktur sehingga pemasangan bodi menjadi lebih cepat. Selain itu, pada rangka terbaru ini terdapat lapisan “electrodeposition” yang berfungsi sebagai pelindung antikorosi atau karat.

New Generation Ranger dilengkapi cabin suspension yang menggunakan “semi floating“ untuk mengurangi getaran di dalam kabin. Sistem pengereman hadir dengan “full air brake system” yang berfungsi meningkatkan performa pengereman sehingga lebih responsif dan memberikan tingkat keselamatan yang tinggi. Khusus tipe tractor head memiliki tambahan anti-lock brake system (ABS) yang membuat pengereman akan stabil apabila permukaan licin.

New Generation Ranger didukung mesin P11C series mesin common rail dan J08 series mesin common rail dan mechanical yang menghasilkan tenaga besar, hemat bahan bakar, dan emisi gas buang rendah. Selain itu, beberapa model memiliki fitur ES start system yang berguna mencegah kendaraan mundur pada saat berhenti di tanjakan, walaupun pedal rem dilepas dan ketika kendaraan mulai maju, ES start system membantu memulai kelancaran ketika menanjak.

Hino juga mengklaim New Generation Ranger lebih irit dibanding generasi sebelumnya karena kendaraan ini menggunakan transmisi terbaru MX06 dan M009 dengan final gear pada gardan lebih besar. Transmisi terbaru ini diklaim Hino mampu membuat kinerja mesin lebih ringan dan memberi kontribusi percepatan maksimal sehingga lebih hemat bahan bakar.

Tim Info TEMPO

#Hino

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi