GP San Marino: Lorenzo dan Marquez Tetap Akan Saingi Rossi
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Jumat, 11 September 2015 13:23 WIB
Valentino Rossi ditempel pembalap Honda Marc Marquez dalam balam MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Adriatico, Italia, 14 September 2014. REUTERS/Max Rossi

TEMPO.CO, Jakarta -Ahad nanti, putaran ke-13 MotoGP kembali digelar di Sirkuit San Marino, Italia. Lintasan sirkuit selebar 14 meter ini banyak dianggap sesuai dengan karakteristik sepeda motor Yamaha. Uniknya, dua pembalap Movistars Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, tengah bersaing memperebutkan juara dunia yang tahun lalu dipegang Marc Marquez.

Rossi mempertahankan pucuk klasemen setelah menang pada putaran ke-12 GP Silverstone Inggris lalu. Tambahan 25 poin menjadi 236 membuat jarak poinnya dengan Lorenzo terpaut 12. Marc Marquez, secara matematis, masih berpeluang menyusul Rossi dalam perebutan poin, tapi itu peluang yang kecil.

Tahun lalu, Marquez tergelincir di San Marino hingga harus puas dengan satu poin. Namun Marquez tak mau mengulangi pengalamannya itu. Ia tetap berfokus memenangi enam seri ke depan. Apalagi pemegang juara dunia tahun lalu ini kurang bagus di klasemen, selisih 77 poin dari Rossi.

Rossi memiliki keuntungan menjelang balap akhir pekan ini: pemenang tahun lalu dan San Marino merupakan “rumah”-nya. Susul-menyusul dengan Lorenzo dan pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, mewarnai adu cepat di lintasan sepanjang 4,2 kilometer tahun lalu. Pedrosa akhirnya harus puas pada posisi ketiga.

Kali ini, dukungan penggemar tuan rumah bakal kembali memacu semangat Rossi. Namun ia tak mau menganggap perjuangan di kandang bakal lebih gampang. “Untuk meraih 25 poin di sini sama saja dengan sirkuit lain. Dan, bagiku, kami harus mengatur strategi untuk mendapatkan hasil terbaik,” kata Rossi seperti dikutip dari situs resmi MotoGP.

Meski di “rumah” sendiri, Rossi baru mencatat kemenangan sekali dalam empat balapan terakhir. Selebihnya, Lorenzo memegang podium pertama. Bahkan rekor Lorenzo dalam tujuh musim terakhir cukup moncer: selalu podium, finis kedua tercepat tiga kali, dan menang empat kali.

Lorenzo optimistis bisa meraih podium pertama di kandang Rossi. Walaupun selama balap Silverstone lalu ia masih menemui sejumlah kendala, termasuk keliru mengantisipasi kondisi cuaca. Namun dia siap memberikan perlawanan kepada sohibnya dalam perebutan juara dunia yang menyisakan enam seri lagi.

“Jarak poin kami dalam kompetisi hanya 12, tapi masih ada enam kali balap, jadi masih banyak poin yang bisa kami raih,” ujarnya. “Saya akan memacu kendaraan semaksimal mungkin dimulai dari Misano.”

PURWANTO | BERBAGAI SUMBER

#MotoGP
#Marc Marquez

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi