Kesalahan Taktik yang Dipakai Rossi Untungkan Marquez  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Minggu, 13 September 2015 22:01 WIB
Pembalap Honda Marc Marquez, berselebrasi di atas podium, usai memenangkan balapan Moto GP San Marino di sirkuit Misano, Misano Adriatico, Italia, 13 September 2015. Marquez finis dengan catatan waktu 48 menit dan 23.819 detik. AP/Antonio Calanni

TEMPO.CO, Jakarta - Juara dunia bertahan Marc Marquez asal Spanyol dengan sepeda motor Honda-nya memenangi Grand Prix MotoGP San Marino pada Minggu, ketika pembalap Yamaha, Valentino Rossi, menyia-nyiakan peluangnya untuk menang karena kesalahan taktik serta rekan setimnya, Jorge Lorenzo, terjatuh dan gagal meneruskan balap. 

Keputusan sang pembalap Honda untuk mengganti ban menjadi ban slick pada Sirkuit Misano yang sudah kering, setelah sempat diguyur hujan, membuat ia meraih kemenangan keempatnya musim ini di depan dua pembalap Britania, Bradley Smith (Yamaha) dan Scott Redding (Honda).

Redding mencatatkan penampilan luar biasa setelah sempat terjatuh tapi mampu bangkit untuk finis di posisi ketiga, yang melengkapi untuk pertama kalinya dua pembalap Britania finis di podium sejak 1979. 

Pemuncak klasemen pembalap Rossi dan para pendukungnya yang datang untuk menyaksikan juara dunia sembilan kali ini terlihat bingung ketika ia gagal mengganti ban dari ban basah ke ban slick saat balap tinggal menyisakan tujuh putaran, ketika ia sedang memimpin, yang membuat Marquez mengambil alih posisi terdepan.

The Doctor hanya mampu finis di posisi kelima tapi ini masih merupakan hari yang sukses ketika jatuhnya Lorenzo membuat Rossi memperpanjang keunggulannya di klasemen, menjadi 23 angka atas rekan setimnya di Yamaha itu, sedangkan Marquez kini tertinggal 63 angka dengan lima balap tersisa di musim ini, demikian AFP

ANTARA

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi