Lima Mobil Eropa, Bintang Frankfurt Motor Show
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 17 September 2015 13:17 WIB
Mercedes-Benz konsep IAA dalam Frankfurt Motor Show (IAA) di Frankfurt, Jerman, 14 September 2015. Mobil tersebut memiliki sistem bensin-hybrid listrik yang menghasilkan 274 hp yang mampu mencapai kecepatan 250 kpj. (Hannelore Foerster/Getty Images)

TEMPO.CO, Jakarta - International Automobile Austelung (IAA) atau lebih dikenal sebagai Frankfurt Motor Show mulai dibuka untuk umum pada 17-27 September 2015. Dalam pameran ini tampil 219 mobil terbaru berstatus world premiere.

Beberapa model terbaru adalah lansiran pabrikan Eropa, yang banyak bermain di segmen supercar dan sedan premium. Laman Autoexpress menyebut setidaknya ada lima model yang menjadi bintang di Frankfurt Motor Show, dan ditunggu-tunggu oleh para maniak mobil. Berikut ini lima model tersebut.

1. Alfa Romeo GiuliaBagi Alfa Romeo, Giulia adalah harapan baru. Model inilah yang digadang-gadang bakal mendudukan Alfa Romeo dalam posisi elit produsen mobil premium. Kabarnya, Alfa Romeo Giulia akan dipasarkan akhir tahun ini dengan harga £53.000 atau sekitar Rp 1,187 miliar. Harga yang lumayan "murah" untuk sedan premium. 

Untuk versi yang lebih sporty, dilengkapi materil serat karbon, rem keramik, dan interior khas balap, harganya £66.000. Spesifikasi Giulia pun tak main-main. Dengan mesin V6 turbo 3.000 cc, Alfa Romeo Giulia bisa melesat dari 0-62 mil per jam (hampir 100 kilometer per jam) hanya dalam 3,9 detik. Berwujud sport coupe, Giulia yang memiliki kecepatan maksimumnya 190 mph (305 kilometer per jam) bakal bersaing dengan BMW M3, Audi RS4, dan Mercedes-AMG C63.

2. New Renault MeganeSport hatchback asal Prancis ini punya beberapa wujud baru. Renault membuat bodi yang lebih rendah 25 milimeter dari Megane versi lama, dan sumbu roda (wheelbase) yang lebih panjang 28 milimeter. Walhasil, interior New Renault Megane lebih lapang dan eksteriornya terlihat sporty. Di Eropa, Renault Megane akan menempel Audi A3, Volkswagen Golf, Peugeot 308. dan SEAT Leon di pasar hatchback.

3. Jaguar F-PaceF-Pace menjadi jawaban Jaguar atas tantangan pasar SUV premium yang kian gurih. Varian yang pertama kali dipajang di Frankfurt Motor Show ini siap menantang dominasi Audi seri Q, BMW seri X, Volvo XC, hingga Porsche Macan yang lebih dulu menjadi bintang SUV Eropa. Rencananya, Jaguar F-Pace akan melantai di dealer-dealer mobil Eropa pada April 2016, dengan harga mulai dari £34.170 (Rp 765 juta).

Ada beberapa varian yang dipasarkan yakni Prestige, R-Sport, Portfolio, dan S. Mesin yang ditawarkan beragam yakni model supercharge berbahan bakar bensin dengan tenaga 375 bhp, diesel Ingenium 2.000 cc 178 bhp, dan diesel V6 3.000 cc dengan daya 296 bhp. Fitur standarnya adalah jok kulit plus pemanas, velg alloy 18 inci, lampu LED nonstop (daytime running lights), radio model DAB, dan perangkat internet nirkabel (WiFi) plus navigasi berbasis satelit.

4. Rolls Royce DawnRolls Royce Dawn baru saja membuat heboh, lantaran menjadi mobil mewah pertama yang diluncurkan secara online. Bagi Rolls Royce, Dawn bisa menjadi pendongkrak penjualan yang signifikan karena bermain dalam segmen sedan convertible yang diminati kaum jetset dunia. Di Frankfurt Motor Show, Rolls Royce memperkenalkan Dawn varian mesin V12 6.600 cc dan bodi coupe. Harganya mulai dari £250.000 atau sekitar Rp 5,5 miliar.

5. Mercedes IAADi jajaran mobil konsep, Mercedes IAA menuai perhatian pengunjung Frankfurt Motor Show. Sedan coupe empat pintu ini bakal menggantikan seri S-Class yang selama ini menjadi flagship Mercedes. Kabarnya, Mercedes IAA dibekali mesin hibrida 274 bhp dan berkecepatan maksimum 155 mil per jam. Lantaran mengusung konsep hibrida, Mercedes mengklaim varian ini sebagai model ramah lingkungan dengan emisi karbondioksida 28 gram  per kilometer.

FERY F

#Mobil Mewah
#Alfa Romeo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi