Pedrosa Hentikan Dominasi Lorenzo di MotoGP Jepang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Minggu, 11 Oktober 2015 14:55 WIB
Pembalap Honda, Dani Pedrosa mengangkat pialanya setelah berhasil finish pada urutan pertama di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 11 Oktober 2015. REUTERS/Issei Kato

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, berhasil menjuarai seri MotoGP Jepang di sirkuit Motegi, Minggu, 11 Oktober 2015. Kemenangan ini membuat Pedrosa memutus dominasi Lorenzo di Motegi dua tahun terakhir.

Start dari posisi keenam, Pedrosa langsung menyodok ke posisi tiga di tikungan pertama sesaat setelah bendera start dikibarkan. Namun, posisi itu tak berlangsung lama. Pembalap tim Ducatti, Andrea Dovizioso, mampu menyalipnya memasuki tikungan ketiga. Pedrosa pun tertahan di posisi keempat.

Di depannya, persaingan terjadi antara dua pembalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Rossi yang start di posisi kedua, di belakang Lorenzo, mampu mengambil alih balapan di tikungan pertama. Tetapi itu tak berlangsung lama karena Lorenzo langsung kembali menyalip Rossi di tikungan ketiga.

Lorenzo langsung memacu motornya dan mencoba memperlebar jarak. Di lap pertama saja dia mampu mengungguli Rossi dengan jarak 1,5 detik. Sementara Marc Marquez yang start di posisi ketiga langsung melorot ke posisi lima setelah Pedrosa dan Dovizioso mampu menyalipnya di tikungan pertama.

Sampai lap kedelapan. Lorenzo mampu menjaga jarak dengan 3,4 detik dari Rossi. Di posisi ketiga Dovizioso mengintai Rossi dengan jarak 1 detik. Di lap kesepuluh Pedrosa mampu mengambil alih posisi Dovizioso dan mengejar Valentino Rossi.

Di lap ke 14 Pedrosa berhasil menyalip Rossi dan langsung mengejar Lorenzo. Catatan waktunya lebih cepat 1,5 detik dari kedua pembalap tim Movistar Yamaha itu.

Pedrosa akhirnya mampu memimpin lomba pada lap ke-18 setelah mengambil alih posisi pertama dari Lorenzo di tikungan 11. Rossi memanfaatkan momen itu untuk ikut mengejar Lorenzo. Dia pun berhasil setelah Lorenzo melebar dua lap setelah disalip Pedrosa

Lorenzo yang ban depannya sudah menipis pun tak bisa berbuat apa-apa melihat rival terberatnya untuk menjadi juara dunia itu melintas. Rossi terus memacu Yamaha YZR M1-nya dan memperlebar jarak dengan X-Fuera, julukan Lorenzo.

Posisi ini tak berubah hingga akhir lomba. Pedrosa menjadi juara dan Valentino Rossi berada di posisi kedua, sementara Lorenzo berada di posisi ketiga. Dengan hasil ini, Pedrosa berhasil merebut kemenangan pertamanya di MotoGP tahun ini. Pedrosa juga berhasil menggenapi rekor kemenangannya menjadi 50 kemenangan sepanjang kariernya.

FEBRIYAN

#MotoGP
#Dani Pedrosa | Pedrosa

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi