MotoGP: Hanya di Posisi Kesembilan, Ini Alasan Rossi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Jumat, 16 Oktober 2015 19:08 WIB
Pembalap Yamaha asal Italia, Valentino Rossi setelah melintasi garis finish British Grand Prix di Sirkuit Silverstone, Inggris, 30 Agustus 2015. REUTERS/Darren Staples

TEMPO.CO, Jakarta - Meskipun hanya mampu berada di posisi kesembilan dalam sesi latihan MotoGP Australia, pembalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tetap tenang. Menurut dia, hal itu terjadi karena dirinya menyiapkan dua setelan berbeda untuk motor Yamaha YZR-M1 miliknya.

"Saya cukup senang atas hasil ini. Kecepatan saya tidak terlalu buruk. Saya bisa mencatat waktu dengan konstan dan bahkan dengan ban yang tidak baru saya cukup cepat," ujarnya seusai sesi latihan di sirkuit Phillip Island, Jumat, 16 Oktober 2015.

Rossi mengatakan, di sirkuit ini ia menyiapkan dua setelan motor yang berbeda. Hal ini dilakukan karena cengkeraman ban di lintasan sirkuit Phillip Island tak begitu baik sehingga membuat ban motor mengalami spin ketika keluar dari tikungan. Karena itu, dia menyiapkan satu setelan yang bisa meminimalkan terjadinya spin.

"Saya memiliki dua setelan yang berbeda. Satu untuk mengurangi efek spin dan satu lagi setelan untuk melintas tikungan lebih cepat," ujarnya. "Kami harus memahami bagaimana caranya membuat motor lebih cepat, apakah dengan menekan efek spin pada motor atau mencoba membalap dengan cara yang lebih baik dan tidak mempedulikan efek spin itu."

Rossi pun masih menunjukkan rasa percaya dirinya yang tinggi meskipun berdasarkan catatan waktu saat latihan dirinya tertinggal 0,6 detik di belakang rival terberat sekaligus rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Dia menilai kecepatannya tak terlampau jauh dari Lorenzo.

"Kecepatan kami tidak terlalu jauh. Benar bahwa dia lebih cepat hari ini. Terutama ketika dia menggunakan ban baru dan mampu lebih cepat setengah detik. Tapi, bagi saya, kecepatan kami tidak terlalu jauh, miriplah," ujarnya.

The Doctor, sapaannya, mengatakan timnya memang harus bekerja keras pada sesi latihan dan kualifikasi Sabtu besok. "Tentu saja kami harus bekerja lebih keras besok karena Lorenzo juga pasti akan terus lebih baik, Marquez juga sangat cepat, jadi semuanya masih bisa terjadi. Sekarang kami berharap saja besok kondisi cuaca akan lebih baik," ujarnya.

CRASH | FEBRIYAN

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Australia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi