Rossi Siap Juara Dunia MotoGP Kesepuluh Kali, Ini Syaratnya
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Rabu, 21 Oktober 2015 18:36 WIB
Pembalap Valentino Rossi (kanan), berbicara dengan kepala kru Silvano Galbusera sebelum sesi kualifikasi moto GP Australia di Phillip Island, Australia, 17 Oktober 2015. Rossi tercecer di posisi start ketujuh. AP/Rob Griffith

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menyatakan bahwa dirinya harus bekerja keras untuk mengamankan gelar juara dunia MotoGP 2015. Rossi menyatakan bahwa dalam MotoGP Malaysia akhir pekan nanti dirinya harus segera menemukan setelan terbaik bagi Yamaha YZR-M1 tunggangannya.

"Sekarang hanya tinggal dua balapan lagi dan sangat penting bagi kami untuk tidak membuat kesalahan," ujar Rossi. "Di Australia kami membalap dengan baik, tapi seharusnya kami bisa mendapat hasil lebih baik lagi. Di Malaysia kami harus segera menemukan setelah terbaik. Setiap sesi dalam MotoGP Malaysia akan sangat penting, tidak hanya balapannya saja," lanjutnya.

Rossi saat ini memimpin klasemen dengan selisih 11 poin saja dari rekan setim sekaligus rival terberatnya, Jorge Lorenzo. Pada balapan di Australia akhir pekan lalu, dia hanya mampu berada di posisi keempat sementara Lorenzo mampu menduduki posisi kedua.

Rossi sebenarnya bisa tetap menjadi juara dunia jika saja dia memastikan dirinya finish satu posisi di bawah Lorenzo pada dua balapan tersisa. Meskipun Lorenzo menjuarai kedua seri terakhir, Rossi akan tetap memimpin dengan selisih 1 poin saja.

Musim lalu, Rossi mampu merebut posisi kedua di belakang Marquez di Sepang. Sementara Lorenzo hanya berada di posisi ketiga. Posisi kedua juga berhasil diamankan Rossi di seri Valencia musim lalu sementara Lorenzo tak berhasil finish setelah terjatuh enam lap menjelang Lomba usai.

Namun skenario ini sangat riskan mengingat pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, tentu tak akan melepas dua balapan itu dengan mudah. Pembalap tim Ducatti Andrea Ianonne juga bisa menjadi ancaman dengan penampilannya yang terus menanjak musim ini. Jika satu saja pembalap itu menyelipkan diri di antara Lorenzo dan Rossi, skenario ini bisa buyar.

Rossi mengatakan, balapan di Sepang bisa menjadi faktor yang sangat menentukan bagi impiannya menyabet gelar juara dunia kesepuluh. Jika dia bisa menambah jarak 15 poin saja dari Lorenzo dalam balapan itu, maka Rossi tak perlu menjalani seri MotoGP Valencia.

Namun, Rossi tampaknya sadar kemungkinan hal itu akan terjadi sangat kecil. Dia menyatakan bahwa laga terakhir di Valencia, Spanyol akan menjadi laga pamungkas baginya dan Lorenzo.

"Balapan di Sepang sangat berarti dan kami harus mendapatkan hasil terbaik di tiap sesi dan memenangkan lomba," Rossi menambahkan. "Kami menjalani tiga balapan terakhir dengan memimpin klasemen, Itu tentu saja sesuatu yang bagus. Sekarang kami hanya perlu menjalani dua balapan terakhir dengan baik. Kondisi saya sangat baik, begitu juga dengan tim saya dan kami siap untuk melakukan yang terbaik. "

MOTOGP|CRASH|FEBRIYAN

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Kotamadya Jakarta Selatan | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi