Menang di Austin, Hamilton Kembali Juara Dunia Formula 1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Senin, 26 Oktober 2015 08:18 WIB
Lewis Hamilton, melempar trofinya ke udara di atas podium F1 GP A.S. di Circuit of the Americas, Austin, Texas, 25 Oktober 2015. Dengan total 327 poin yang diraihnya, pesaing terdekatnya Nico Rosberg, tidak akan mampu mengejar dalam tiga lomba tersisa. AP/Darron Cummings

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton, memastikan gelar juara dunia Formula 1 ketiganya, Senin dinihari WIB, setelah secara dramatis meraih kemenangan dalam lomba Grand Prix Amerika Serikat.

Pembalap Inggris 30 tahun yang start pada posisi kedua dalam lomba di Austin itu mampu jadi yang tercepat dan unggul 2.850 detik atas rekan setimnya, Nico Rosberg. Kemenangan kesepuluh yang dia raih pada musim ini sekaligus mengantarnya untuk merebut gelar juara dunia.

Ia mengemas 327 poin. Dengan demikian, dalam tiga lomba tersisa, dia tidak akan terkejar oleh Rosberg—yang finis pada urutan kedua sehingga mengemas total nilai 251, dan empat kali juara Sebastian Vettel dari Ferrari—yang berada pada urutan ketiga dengan nilai 247.

Kemenangan Hamilton kali ini berbau keberuntungan. Hal itu tak lepas dari kesalahan yang dilakukan Rosberg pada lap ke-49. Rosberg melakukan kekeliruan dan melaju melebar pada tikungan 15 saat keduanya berduel untuk memimpin. Kesalahan itu memberi keunggulan dan kemenangan bagi Hamilton, serta mahkota juara ketiganya.

"Ini momen terbesar dalam hidup saya," kata Hamilton melalui radio mobilnya. "Terika kasih banyak semuanya. Saya sangat berterima kasih kepada Anda semua dan kepada keluarga saya. Saya mencintai kalian semua. Terima kasih."

Pembalap remaja asal Belanda, Max Verstappen, finis pada urutan keempat untuk Toro Rosso, mengungguli Sergio Perez dari Force India, Carlos Sainz di tempat kedua Toro Rosso, Jenson Button dari McLaren, dan Pastor Maldonado pada urutan delapan untuk Lotus. Adapun Felipe Nasr berakhir pada urutan sembilan bagi Sauber dan pembalap Australia, Daniel Ricciardo, pada urutan sepuluh untuk Red Bull, dua kali melewati Fernando Alonso dari McLaren pada lap terakhir.

Kemenangan Hamilton membuatnya menyamai rekor Jackie Stewart, yang merupakan satu-satunya pembalap Inggris yang memenangi tiga gelar juara dunia untuk pembalap dan yang pertama menjadi juara dunia dua kali berturut-turut.

ANTARA | NS

#F1
#F1
#Lewis Hamilton

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi