MotoGP: Tendangan Rossi pada Marquez Ditelaah, Hasilnya...
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Senin, 26 Oktober 2015 17:17 WIB
Valentino Rossi (kiri) dan Marc Marquez bersaing merebutkan posisi ketiga dalam MotoGP Malaysia, di Sepang, 25 Oktober 2015. Rossi diduga menendang motor Marquez dengan lututnya di lap ke-13. Youtube.com

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Balapan MotoGP Mike Webb telah memberi penjelasan soal insiden jatuhnya Marc Marquez dalam balapan di Sepang, Malaysia, Ahad, 25 Oktober 2015. Namun, dia menyatakan tidak memiliki video yang bisa menunjukkan dengan jelas apa yang terjadi.

"Valentino Rossi mengajukan bukti bahwa kakinya lepas dari pijakan motor sebagai akibat dari kontak yang terjadi. Dari semua bukti video, tidak ada sudut yang jelas yang bisa menunjukkan kakinya terpeleset dari pijakan motor karena kontak itu atau karena dia sengaja menendang," kata Webb sebagaimana dilansir Crash.net. "Saya tidak memiliki video yang menunjukkan dengan jelas kesalahan Rossi."  (Baca: Rossi Versus Marquez, Begini Penjelasan Direktur Lomba MotoGP)   Dalam tayangan video yang beredar di YouTube, Valentino Rossi terlihat menggerakkan kakinya saat sepeda motor Marc Marquez mendekatinya. Akibat kontak itu, Marquez terjatuh. Rossi melanjutkan balapan dan finis di tempat ketiga, sedangkan Marquez gagal menyelesaikan balapan.

Rossi menyatakan tidak menendang Marquez. Menurut Rossi, setang motor Marquez mengenai kaki kirinya. Itulah yang menyebabkan pembalap asal Spanyol itu jatuh. Menurut Rossi, dari sudut pandang video-video yang beredar di YouTube, memang dia terlihat seakan-akan dia menendang Marquez. Padahal, menurut dia, kakinya terangkat dari pijakan ketika Marquez sudah jatuh. (Baca: Insiden Rossi vs Marquez, Begini Reaksi Para Pembalap)

Soal insiden ini, Direktur Webb menyatakan kedua pembalap sama-sama salah. Marquez sengaja memprovokasi, sementara Rossi bereaksi salah terhadap provokasi itu. Pada akhirnya, Rossi-lah yang dihukum. Dia harus memulai balapan terakhir di Valencia dari posisi paling belakang.

"Valentino bereaksi pada apa yang dia anggap sebagai provokasi dari Marquez dengan manuver yang melanggar aturan. Itu mengendara dengan tak bertanggung jawab dan menyebabkan sebuah kecelakaan," Webb menjelaskan. "Karena itu dia dihukum. Kami yakin kontak itu disengaja. Ia mengatakan tak ingin membuat Marquez kecelakaan, tapi ia memang ingin membuat pembalap itu melebar." (Baca: Rossi Bikin Heboh MotoGP, Simak 4 Fakta Menarik Tentang Dia)

GADI MAKITAN | CRASH | NURDIN

 Baca juga: Wawancara Jokowi: Terungkap, Ini Pukulan Terberat Presiden Dewie Limpo Terjerat Suap: Inilah Sederet  Fakta Mengejutkan

#MotoGP
#Yamaha Motor Indonesia
#Valentino Rossi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi