Yamaha Buat Robot Pesaing Valentino Rossi
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Kamis, 29 Oktober 2015 15:40 WIB
Pembalap MotoGP Valentino Rossi (kiri), dan Marc Marquez. Robert Cianflone/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan motor Yamaha saat ini sedang melakukan pengembangan pembuatan robot pembalap. Proyek bernama "Motobot" itu diluncurkan pada perhelatan Tokyo Motor Show yang sedang berlangsung di Jepang. Robot ini diharapkan bisa mengalahkan kehebatan pembalap legendaris  Valentino Rossi.

"Saya dilahirkan untuk melewati kamu, The Doctor," begitu kalimat pembuka dalam video yang dilansir Yamaha.(Baca: Petisi Bela Valentino Rossi Capai 350 Ribu Orang)

Yamaha menyebut Autobot sebagai "Robot manusia pengendara motor otomatis". Pengembangan proyek ini melibatkan pengembangan motor dan robot itu sendiri. Ke depannya, Yamaha berharap robot itu akan bisa mengendarai motor sendiri tanpa bantuan manusia sedikit pun. Motobot juga diharapkan bisa mengendarai motor dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer perjam. (Lihat video Insiden Sepang, Rossi Bersalah?, Duel Tikungan Rossi dan Marquez, Siapa Menang?)

Pabrikan berlambang garpu tala itu saat ini sebenarnya sudah memiliki rangka awal robot yang akan mereka kembangkan. Dalam video yang diunggah di laman Youtube, sebuah robot berwarna biru terlihat mengendarai Yamaha YZF-R1M. Robot itu terlihat mampu memacu motor 1000 cc itu hingga kecepatan 102 kilometer perjam. Dia juga mampu menginjak rem, memutar gas dan menarik tuas kopling seperti layaknya manusia.

Hanya saja, dia masih harus dibantu para teknisi saat memulai. Maklum, dia belum memiliki kaki yang bisa menyangga saat motor harus berhenti dan melipat saat motor berjalan.

Baca:Banyak Fakta Tak Pas Soal Insiden Rossi-Marquez, Apa Saja?  Sisi Gelap Valentino Rossi Dibedah, Kesimpulannya Menohok 

FOXSPORT|FEBRIYAN

Artikel Menarik: Nasib Sial Mourinho Karena Dua Wanita Cantik? Mourinho Terseruduk Kambing Hitamnya Sendiri

#Balap Motor
#Valentino Rossi
#Jepang

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi