Skandal VW, Investor Eropa Minta Regulasi Emisi Diperketat  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nunuy nurhayatiTNR
Sabtu, 7 November 2015 18:12 WIB
Aksi protes skandal emisi Volkswagen (VW). AP/Michael Sohn

TEMPO.CO, Jakarta -  Forum investor terkemuka Eropa, IIGCC, meminta para regulator memperketat aturan pengujian emisi setiap kendaraan akan didistribusi di benua biru tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terulangnya skandal manipulasi emisi Volkswagen (VW) yang ramai diperbincangkan publik otomotif sejak September lalu.

Lewat isi sebuah surat yang dikutip Reuters pada Jumat, 6 November 2015, IIGCC meminta kepastian soal hasil pengujian yang lebih valid dan tanpa celah agar para investor bisa lebih yakin memilih lahan investasi di industri yang kini terguncang oleh isu tak sedap VW.

“Para investor juga memperhatikan hasil uji emisi, karena dari situ kami bisa melihat kesiapan produsen mana pun dalam menghasilkan produk yang benar-benar sesuai standar.” ujar eksekutif IIGCC, Stephanie Pfeifer, dalam surat tersebut.

IIGCC terdiri atas 118 investor Eropa dengan aset gabungan senilai US$ 12 miliar yang sebagian besar meliputi kepemilikan di sektor otomotif.

Nama-nama investor besar Eropa, seperti BlackRock, Deutsche Asset Deutsche Asset & Wealth Management (bagian dari Deutsche Bank), Henderson Global Investors, Nordea, Janus Capital and UBS, dan beberapa lainnya, termasuk para investor VW, ikut tergabung dalam IIGCC.

Permintaan forum investor ini, selain kepada para regulator, ditujukan buat jajaran pemimpin Uni Eropa yang terdiri atas 28 negara. IIGCC juga melaporkan mundurnya beberapa anggota mereka terkait dengan skandal Volkswagen.

YOHANES PASKALIS

#Industri Otomotif
#VW | Volkswagen
#Kotamadya Jakarta Pusat | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi