Raih Pole Position, Ini Peluang Lorenzo Jadi Juara Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Minggu, 8 November 2015 08:00 WIB
Pembalap Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menyemprotkan botol Sampanye ke pendukunganya saat pembagian medali di atas podium dalam MotoGP Aragon di Alcaniz, Spanyol, 27 September 2015. AP Photo

TEMPO.CO, Jakarta -  Pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo berhasil merebut pole position di balapan MotoGP Valencia Ahad, 8 November 2015. Dia menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu, 7 November 2015 dan mencetak rekor baru.

Lorenzo mencatatkan waktu 1 menit 30,011 detik. Marc Marquez dari Honda ada di posisi kedua dengan selisih waktu 0,488 detik. Dani Pedrosa di tempat ketiga dengan selisih waktu 0,505 detik.  

Ini juga merupakan kali pertama Lorenzo mendapatkan pole position di Valencia. Sekalipun baru pertama kali menempati pole position, Lorenzo sudah dua kali menjuarai GP Valencia.

Pertama kali pembalap asal Spanyol ini menjuarai GP Valencia adalah pada 2010. Dia mengulangi prestasinya ini pada 2013. Tapi, Lorenzo juga punya catatan buruk di Valencia.

Tahun lalu, Lorenzo tidak bisa menyelesaikan balapan. Pada 2012, dia mengalami kecelakaan. Sekarang, Lorenzo berada di peringkat dua klasemen sementara MotoGP dengan 305 poin, atau selisih tujuh poin dengan pemimpin klasemen sementara, Valentino Rossi.  Balapan di Valencia hari ini akan menjadi penentuan siapa yang akan merebut gelar juara MotoGP musim ini.

Rossi akan start dari posisi paling belakang akibat penalti yang dijatuhkan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM). Dia harus bekerja keras jika ingin tetap menjadi juara.

Jika Lorenzo berhasil naik ke podium tertinggi, Rossi baru bisa menjadi juara dunia jika ia berhasil finis di urutan kedua. Rossi juga hanya bisa menjadi juara dunia jika Lorenzo berada di posisi kedua saat berlaga di Valencia, sementara Rossi naik di podium tiga.

Rossi juara dunia jika finis urutan keenam atau lebih baik jika Lorenzo naik podium di urutan ketiga. Jika  Lorenzo menduduki peringkat keempat dalam laga terakhir musim ini, Rossi harus finis di urutan kesembilan atau lebih baik kalau dia ingin menjadi juara.

MOTOGP | GADI MAKITAN

#MotoGP
#Yamaha Motor Indonesia
#Jorge Lorenzo
#Spanyol

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi