Tak Sekalipun Ban Marquez Sejajar dengan Lorenzo  
Reporter: Tempo.co
Editor: Widiarsi Agustina
Senin, 9 November 2015 09:31 WIB
Meme pembalap Jorge Lorenzo (depan) berboncengan dengan Marc Marquez dalam balapan. Usai menjuarai MotoGP Valencia, Lorenzo berhasil jadi juara dunia 2015. Twitter.com

TEMPO.CO, Jakarta - Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, punya alasan menuduh Marc Marquez dan Honda berkonspirasi mengawal kemenangan Jorge Lorenzo. Ada 420 tikungan pada GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tomo yang digelar 30 putaran. Namun tak sekali pun ban depan Honda RCV213V milik Marquez sejajar dengan ban belakang Jorge Lorenzo.

"Saya melakukan apa yang saya bisa, tapi situasi ini aneh, yakni melihat Marquez mengawal Lorenzo. Ini memalukan untuk olahraga," kata Rossi kepada wartawan setelah penyerahan piala pemenang, seperti dilansir Reuters, Minggu, 8 November 2015. "Mudah-mudahan otoritas olahraga bisa mengungkapnya." (Lihat Video Siapa Di Belakang Rossi dan Marquez, Banding Ditolak, Rossi Berakhir?)

Rossi menjelaskan, "Ini adalah akhir yang buruk pada kejuaraan yang menarik. Ini bukanlah kejuaraan yang benar, dan ini seharusnya tidak terjadi dalam olahraga."

Ketika Rossi menganggap Marquez sengaja melakukannya, sebaliknya, pembalap Honda ini menyebut sudah berusaha maksimal menghalangi Lorenzo untuk menang.

“Saya selalu fokus. Sebab, saya tahu Jorge sangat kuat di lap pertama dan 20 lap berikutnya, sangat sulit mengikutinya," ucap Marquez, seperti dilansir Crash.net. "Tapi saya bisa mencapai maksimum satu detik di belakang di.”

BACA: Dituduh Bantu Lorenzo, Marquez & Pedrosa: Bukan Konspirasi!

Menurut Marquez, selama balapan, Lorenzo memimpin, diikuti dia kemudian Dani Pedrosa. Ketika balapan masih tersisa beberapa putaran lagi, Marquez mengaku ingin menyerang tapi tetap tidak bisa.

“Saya bilang, saya akan menunggu sampai lap berikutnya dan lap berikutnya," tutur Marquez.  Namun Dani tiba untuk mendahului dia.

"Saya terkesan dengan hal itu, tapi dia melebar dan keluar garis. Saya berusaha masuk dari dalam untuk mengejar Jorge lagi. Namun saya kehilangan setengah detik,” ujarnya.

Marquez juga mengatakan tidak mau berusaha terlalu keras lantaran berisiko terjatuh lagi. Ia sudah enam kali jatuh pada musim ini. Terakhir, dia jatuh dalam insiden dengan Rossi di GP Malaysia. Kerja Marquez mengejar juara GP Valencia tidak kesampaian. Lorenzo akhirnya finis pertama dan dinobatkan menjadi juara dunia musim 2015.

SIMAK: HEBOH MOTOGP: Rossi Diserang Balik karena Tuduhan ke Marquez

WDA | REUTERS | CRASH.NET

 

#MotoGP
#Marc Marquez

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi