Gagal di Valencia, Rossi Mengulang Kekalahan pada Musim 2006
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 9 November 2015 13:41 WIB
Valentino Rossi. REUTERS/Heino Kalis

TEMPO.CO, Valencia - Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, harus merelakan mahkota juara dunia kepada rekan satu timnya, Jorge Lorenzo. Rossi kalah setelah hanya finis di posisi keempat. Sedangkan Lorenzo memenangi balapan. Jadi keduanya berselisih 5 poin. Padahal, saat berangkat ke Valencia, Rossi masih unggul 7 poin.

Di luar peran dua pembalap Repsol Honda, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa, catatan waktu Rossi saat balapan memang masih jauh dibanding tiga pembalap di depannya. Berdasarkan catatan Crash.net, rata-rata catatan Rossi hanya 1:32 detik. Sedangkan Lorenzo, Marquez, dan Pedrosa bermain di angka 1:31 detik.

Kondisi ini juga terjadi pada musim 2006. Saat itu Rossi hanya berselisih 13 poin dengan rival terdekatnya, Nicky Hayden, pembalap Repsol Honda. Hanya saja, kondisi saat itu tak sepanas balapan di Valencia pada Ahad lalu lantaran Rossi menempati pole position. "Dalam karier saya, saya pernah mengalami bertempur di akhir seri untuk memperebutkan gelar juara dunia," kata Rossi beberapa waktu lalu.

Saat balapan pada musim 2006 itu, Rossi apes. Dia terjatuh di pertengahan balapan. Rossi hanya bisa menempati posisi ke-13. Sementara itu, Hayden bisa merengkuh juara dunia setelah naik ke podium ketiga. Kemenangan Hayden ini tak lepas dari peran rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang saat itu mengalah memberikan posisi kepada Hayden dengan memberikan kode lewat kakinya.

Meski Hayden mendapatkan bantuan dari rekan setimnya, saat itu Rossi tak pernah menyinggung adanya konspirasi seperti yang dia lakukan sekarang.

CRASH | EKO ARI

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Spanyol

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi