Kesiapan Tuan Rumah MotoGP, Kemenpora Matangkan Draf
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Rabu, 25 November 2015 21:00 WIB
Sejumlah pembalap melaju saat perlombaan kelas 250 cc Yamaha Sunday Race di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, 15 November 2015. Renca digelarnya ajang MotoGP 2017 di Sentul disambut gembira oleh manajemen Sentul yang akan bergerak cepat untuk merenovasi sirkut Sentul dengan standar Internasional. ANTARA FOTO

TEMPO.COJakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan Sirkuit Internasional Sentul di Bogor, Jawa Barat, menjadi tuan rumah MotoGP 2017, meski beberapa daerah juga berminat untuk menggelar kejuaraan bergengsi itu.

"Sirkuitnya positif di Sentul. Yang jelas, kami sangat mengapresiasi daerah lain yang juga berminat jadi tuan rumah," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S. Dewa Broto seusai pertemuan dengan pihak terkait, termasuk manajemen Sentul, KONI, dan BPKP, di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, saat ini Keputusan Presiden (Keppres) Panitia Nasional Penyelenggaraan The Indonesia Moto Grand Prix sedang dalam proses. Pihak Kemenpora menargetkan dalam dua pekan ke depan semuanya tuntas. Dengan demikian, dasar hukumnya akan kuat.

"Drafnya sudah ada. Tinggal menambah beberapa hal," ujar Gatot sambil memperlihatkan draf Keppres MotoGP 2017.

Selain menyiapkan Keppres, kata dia, Kemenpora juga mendesak manajemen Sentul, yang akan menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2017, untuk bergerak cepat yang salah satunya menyiapkan master plan. "Kami meminta Pak Tinton Soeprapto (manajemen Sentul) segera menyelesaikan master plan. Minimal setiap dua minggu harus di-update," tuturnya.

Indonesia memastikan diri menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2017 setelah pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, menandatangani letter of intent (LOI) yang merupakan salah satu syarat yang diajukan promotor, Dorna. Dengan adanya LOI ini, maka Indonesia berhak mendapatkan satu slot menjadi tuan rumah MotoGP 2017. Upaya negara lain, dari Kazakstan, Thailand, Finlandia, Brasil, hingga Cile, untuk menjadi tuan rumah pupus.

LOI ini, oleh pihak Dorna, dibawa pada rapat dengan federasi balap sepeda motor dunia atau FIM yang dilaksanakan di Spanyol beberapa waktu lalu. Salah satu agenda pertemuan tersebut adalah menentukan kalender MotoGP 2017.

Adapun manajemen Sentul menegaskan pihaknya akan segera melakukan renovasi sirkuit satu-satunya di Indonesia itu. Sesuai rencana, renovasi akan mulai dilakukan pada awal Desember. Praktis semua kegiatan di Sentul untuk sementara dihentikan.

ANTARA

#MotoGP
#Kementerian Pemuda dan Olahraga

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi