Sasis Pengantar Marquez Juara Moto2 Mundur dari Balap  
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 5 Desember 2015 08:36 WIB
AP Photo/Michel Spingler

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen sasis asal Swiss, Suter, menyatakan mundur dari ajang balap Moto2 setelah gagal menarik tim-tim besar untuk menggunakan sasis buatannya. Hanya tiga pembalap pemula yang terdaftar akan menggunakan sasis Suter pada musim 2016: Efren Vazquez (Ioda), Federico Fuligni (AGP), dan Remy Gardner (AGP).

"Kami tidak akan mengajukan izin tahun depan untuk menjadi pemasok sasis untuk Moto2 GP karena tak ada tim dan pembalap yang berpotensi besar menjadi juara tahun depan," demikian pernyataan resmi Suter, Jumat, 4 Desember 2015.

Padahal Suter berencana memperbaiki desain dan rancangan sasisnya agar mampu bersaing dengan kompetitornya. Suter telah mempersiapkan sasis baru dengan kode MMX2 yang awalnya akan dipasok untuk dua tim: Ioda dan AGP. Namun rencana tersebut batal setelah keputusan meninggalkan balap Moto2.

Meski cabut dari Moto2, Suter tetap akan berfokus pada balap di kelas Moto3 dan MotoGP. "Saat ini departemen balap kami berkomitmen penuh menyiapkan sasis untuk kelas Moto3 dan MotoGP. Tak hanya mengembangkan sasis, kami juga berencana membuat sepeda motor balap utuh dengan merek kami sendiri," bunyi pernyataan Suter.

Sasis Suter sudah tiga kali juara konstruktor pada 2010, 2011, dan 2012. Suter-lah yang mengantarkan Marc Marquez menjadi juara dunia Moto2 GP sebelum beranjak ke MotoGP. Selama tiga tahun itu, mayoritas pembalap terdepan selalu menggunakan sasis Suter. Namun, setelah kepindahan Marquez, prestasi sasis Suter meredup, kalah dibanding Kalex, pembuat sasis asal Jerman. Suter mengikuti jejak Moriwaki yang lebih dulu hengkang setelah tak berprestasi.

Di Kelas Moto2, sasis menjadi pembeda antartim karena mesin yang digunakan sama. Mesin Honda CBR 600 RR menjadi pemasok tunggal yang dikawinkan dengan sasis dari sejumlah produsen. Dengan cabutnya Suter dari balapan Moto2, kini hanya tinggal Kalex, Speed Up, dan Tech 3. Saat ini Kalex menjadi favorit pembalap dan tim karena digunakan 26 pembalap dari total 34 pembalap Moto2.

CRASH.NET | EKO ARI

#MotoGP
#MotoGP
#Marc Marquez

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi