Penutupan GIIAS Targetkan 20 Ribu Pengunjung di Surabaya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Alia fathiyah
Kamis, 10 Desember 2015 11:37 WIB
Pemilihan miss auto show GIIAS 2015. indonesiaautoshow.com

TEMPO.CO, Surabaya - Rangkaian roadshow Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan diakhiri di Kota Surabaya. Digelar di Grand City Convention Expo pada 9-13 Desember 2015, Gaikindo menghadirkan 15 agen pemegang merek (APM) dan lebih dari 35 perusahaan APM serta industri pendukung yang akan menyemarakkan GIIAS Surabaya 2015.

"Kami menargetkan sekitar 20 ribu pengunjung. Kami optimis bisa melampaui pencapaian GIIAS di Makassar, November lalu, sebesar Rp 268 miliar," kata Presiden Direktur Seven Events selaku penyelenggara rangkaian pameran GIIAS, Andy Wismarsyah, kepada wartawan, Rabu malam, 9 Desember 2015.

Surabaya dinilai memiliki potensi pasar otomotif yang besar, yakni terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat. "Pangsa pasar Jawa Timur sebesar 13,1 persen terhadap penjualan domestik nasional tahun 2014. Tiap tahun naik terus," kata Sekretaris Umum Gaikindo Noegardjito. Angka itu jauh di atas Sulawesi Selatan yang sebesar 2,8 persen.

Bahkan berdasarkan data dari Dinas Pendapatan Daerah Jawa Timur tahun 2014, kontribusi sektor otomotif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar. "Sumbangsih otomotif terhadap PAD Jatim sekitar 63 persen," katanya.

Noegardjito pun optimistis target penjualan 1 juta mobil secara nasional dapat tercapai. Dari perhelatan GIIAS Makassar lalu, terjual 995 unit. "Dari Januari-Oktober 2015, sudah tercapai 853 ribu unit. Optimis di Surabaya ini penjualannya bagus," ujarnya.

Pameran GIIAS Surabaya Auto Show 2015 akan menghadirkan 15 APM, yakni Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi FUSO, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Tata Motors, Toyota, dan Suzuki. Para APM ternama ini akan membawa produk serta teknologi terbaru yang diperkenalkan saat GIIAS 2015 di Jakarta pada Agustus lalu, akan hadir juga The All New Toyota Kijang Innova yang peluncurannya di Indonesia baru dilaksanakan pada November lalu, serta Suzuki Ciaz yang baru saja diluncurkan resmi pada pelaksanaan GIIAS Makassar Auto Show 2015.

GIIAS Surabaya 2015 menampilkan beragam hiburan seperti Surabaya Modified Show, 4 x 4 Challenge, dan Nissan Blind Parking Challenge. Juga ada aksi sosial seperti GIIAS EduCare dan Student’s Day. Hari ini Gubernur Jawa Timur Soekarwo membuka pameran secara langsung.

ARTIKA RACHMI FARMITA


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi