Google dan Ford Ingin Kerja sama Buat Mobil Tanpa Sopir
Reporter: Tempo.co
Editor: Burhan Sholihin Koran - Red. Ut
Senin, 28 Desember 2015 22:54 WIB
Mobil prototipe Google yang bisa menyetir sendiri. AP/Tony Avelar

TEMPO.CO, Washington - Google dan Ford Motor Co tengah berunding untuk mengembangkan teknologi kendaraan yang bisa berjalan tanpa sopir, kata sumber yang mengetahui soal ini seperti dikutip Reuters.

Model kerja sama  antara produsen otomotif terbesar kedua di AS dan raksasa mesin pencari Alphabet Inc itu masih dirundingkan. Yang pasti mereka tertarik dengan proyek membuat kendaraan yang bisa berjalan tanpa sopir. Menurut Reuters, Ford dan Google  telah berdikusi berbulan-bulani.

Kemitraan antara produsen otomotif raksasa dan Google ini akan mempercepat produksi kendaraan tanpa pengemudi. Ford akan mengadopsi teknologi Google, sedangkan Google akan memanfaatkan pengalaman Ford dalam membuat mobil secara massal.

Mobil tanpa sopir ini diyakini bisa mengurangi ratusan ribu kecelakaan, kematian dan cedera. Selain itu, teknologi ini diperkirakan bisa menekan penggunaan BBM akibat manajemen lalu lintas yang lebih baik.

Kepala Eksekutif Ford Mark Fields bertemu dengan pendiri Google Sergey Brin belum lama bulan ini di California untuk membicarakan. Google mengaku juga berunding dengan banyak perusahaan otomotif. Belum jelas benar apakah pembicaraan dengan Ford itu sudah lebih maju dibandingkan perundingan dengan perusahaan-perusahaan otomotif lainnya.

"Kami tak akan mengomentari rumor atau spekulasi menyangkut hal spesifik dari pembicaraan itu," kata Google seperti dikutip Reuters.

ANT | REUTERS

#Ford

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi