Yamaha Luncurkan Motor Rossi dan Lorenzo untuk MotoGP 2016  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Selasa, 19 Januari 2016 17:13 WIB
Dua pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi menaiki motor terbaru yang akan mereka pakai pada MotoGP musim 2016 saat peluncuran Yamaha YZR-M1 di Barcelona, Spanyol, 18 Januari 2016. Kedua pembalap kebanggaan Yamaha ini berseteru di seri terakhir GP Valencia musim lalu. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.COJakarta - Tim Movistar Yamaha menjadi tim pertama yang meluncurkan sepeda motor untuk kompetisi MotoGP 2016 pada Senin, 18 Januari 2016. Bertempat di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Yamaha memperkenalkan Yamaha YZR-M1 2016 yang akan menjadi tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Secara penampilan, tak ada yang perubahan berarti pada YZR-M1 2016 dibandingkan dengan YZR-M1 2015. Seluruh badan sepeda motor masih didominasi warna biru dengan sedikit aksen putih pada beberapa bagian. Lekuk tudung depan pun masih sama dengan lubang udara yang terlihat pada bagian bawah nomor pembalap. 

Perubahan hanya terlihat pada bagian ban—sepeda motor itu sudah menggunakan ban Michelin 17 inci menggantikan ban Bridgestone 16,5 inci yang musim lalu mereka gunakan. Musim ini, Dorna memang melakukan perubahan supplier ban dari Bridgestone ke Michelin bagi semua tim.

Bagian tangki juga tak mengalami perubahan. Padahal, beberapa waktu lalu, Yamaha dikabarkan akan mengubah letak tangki bahan bakar dari yang sebelumnya berada tepat di bawah badan pembalap menjadi pada bagian belakang, tepat di buntut sepeda motor.

Perubahan itu merupakan jawaban Yamaha atas perubahan karakter ban. Perusahaan tersebut menilai ban belakang Michelin memiliki cengkeraman lebih baik dibanding Bridgestone, sehingga Yamaha harus mengubah konfigurasi beban sepeda motor. 

Soal perubahan tangki itu, Rossi mengatakan bahwa Yamaha masih belum memutuskan apakah akan menggunakannya atau tidak. Menurut dia, timnya masih akan melakukan pengetesan terhadap tangki itu di Sirkuit Sepang pada Februari nanti.

"Situasinya adalah Yamaha memiliki tangki dan sepeda motor baru. Kami harus memahami bagaimana menggunakan ban Michelins seperti yang kami lakukan pada 2008. Memindahkan distribusi beban," ujarnya.

"Namun para mekanik dan insinyur belum mengetahui secara pasti, sama seperti kami. Itu hanya satu ide. Karena itu, tes di Sepang akan sangat-sangat penting untuk memutuskan apakah prototipe yang ada (dengan tangki di belakang) lebih baik ketimbang sepeda motor kami yang sudah ada," kata Rossi. 

Selain ban, musim ini Dorna juga memberlakukan ketentuan harus menggunakan unit kontrol elektronik (Electronic Control Unit) yang sama bagi semua tim. Dorna berharap, dengan aturan ini, persaingan nantinya tak hanya didominasi dua tim, Repsol Honda dan Movistar Yamaha, sehingga bisa menghasilkan tontonan yang lebih menarik.

CRASH | FEBRIYAN

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Spanyol

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi